Shadow

IAIN Takengon Beri Akses Guru Studi Pascasarjana

 

Medan – Ada banyak cara berterima kasih atas peran dan jasa guru. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Takengon punya caranya tersendiri.
Dalam empat tahun terakhir, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang terletak di dataran tinggi Gayo, Aceh Tengah ini memberikan akses pendidikan Pascasarjana Strata 2 bagi para guru.
Afirmasi IAIN Takengon mulai menampakkan hasil. Para guru sudah memasuki tahap akhir pendidikan, yaitu ujian proposal tesis mahasiswa pascasarjana. Ujian ini digelar sekaligus dalam rangka menyambut Hari Guru Nasional (HGN) 2021.
“Alhamdulillah, empat tahun berjalan, kami memberikan akses kepada para guru di wilayah tengah Aceh untuk melanjutkan S2, khususnya pada Program Studi Pendidikan Agama Islam,” terang Rektor IAIN Takengon Zulkarnain saat mendampingi proses uji proposal tesis di Medan, Jumat (26/11/2021).
Para mahasiswa ini merupakan ASN guru yang telah mengabdi pada sejumlah lembaga di Kabupaten Aceh Tengah, Bener Meriah, Gayo Lues dan Kabupaten Aceh Tenggara,” sambungnya.
Menurut Zulkarnain, pelaksanaan ujian proposal tesis berlangsung di Kampus Program Pascasarjana UIN Sumatera Utara Medan. Hal ini merupakan wujud pelaksanaan MoU yang telah ditandatangi kedua pimpinan PTKIN ini sejak beberpa tahun lalu. Selain itu, proses uji tesis ini juga tindaklanjut dari MoA antara Direktur Pascasajana IAIN Takengon dan Direktur Pascasarjana UIN Sumut beberapa bulan lalu.
Direktur Pascasarjana IAIN Takengon Abdusyukur menjelaskan, proposal tesis mahasiswa diuji-konfirmasi oleh dua guru besar dari UIN Sumut serta Dosen Pascasarjana. Dia berharap pola kolaboratif ini dapat menambah informasi dan wawasan mahasiswa ketika menulis dan menyelesaikan tesisnya, baik secara teori maupun metodelogi yang relevan dengan objek yang diteliti.
“Tahun ini, total ada 46 proposal tesis yang telah siap diuji, dan saat ini sedang dalam tahap antrian jadwal,” tandasnya. (Fal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *