Shadow

Dapat Mendeteksi Medan Listrik, Ini Lima Fakta tentang Hiu Martil

sumber foto: kkp.go.id

Reporter: Adelia Maulitania

Hiu Martil merupakan salah satu jenis hiu berkepala menyerupai martil gepeng apabila dilihat dari satu sisi. Dengan bentuk yang unik seperti palu martil ini, posisi mata mereka ada di ujung kanan dan kiri kepala.

Nah, ini lima fakta tentang Hiu Martil yang menarik untuk diketahui.

  1. Merupakan Predator yang Agresif

Mamalia laut satu ini merupakan predator agresif yang memakan ikan, ikan pari, cumi-cumi, dan berbagai jenis udang. Hiu ini sering mencari makanan di dasar laut, incarannya adalah ikan pari yang biasanya bersembunyi di bawah pasir.

  1. Hiu yang Dilindungi

Hiu Martil merupakan salah satu jenis hiu yang dilindungi di Indonesia. Hal ini terjadi karena hiu ini rentan tersangkut di jaring nelayan efek kepala uniknya itu. Oleh karena itu, biasanya terjadi penangkapan besar-besaran yang membuat hiu ini terancam punah.

  1. Hiu Termuda

Diperkirakan hiu jenis ini mulai muncul di lautan sekitar 20 juta tahun yang lalu. Hal tersebut membuat hiu berkepala unik ini menjadi spesies hiu termuda di antara hiu yang lainnya.

Hiu ini suka membentuk gerombolan pada siang hari, kadang dapat lebih dari 100 hiu per gerombolan. Selanjutnya, mereka akan menjadi pemburu solo ketika sore hari.

  1. Fungsi dari Kepala Uniknya

Kepala unik yang menjadi ciri khas Hiu Martil ternyata banyak fungsinya. Dengan posisi mata yang berjarak lebar dapat memberikan rentang penglihatan yang lebih baik dibandingkan hiu lainnya.

Hiu Martil biasanya berburu dengan mendekatkan kepalanya ke dasar laut. Hal tersebut membuat kepala uniknya itu merupakan organ yang dapat membantunya mendeteksi mangsa.

Selain itu, bentuk kepala uniknya juga membantu hiu ini mahir melakukan belokan tajam ketika berenang. Bahkan, dapat dua kali lebih cepat dibanding Hiu Sandbar yang bermoncong lancip.

  1. Ampullae of Lorenzini

Salah satu indra yang dimiliki oleh Hiu Martil adalah ampullae of lorenzini. Indra ini memungkinkan hiu dapat mendeteksi medan listrik mangsanya. Dengan adanya indra ini di kepalanya, dapat membuat kepala gepengnya bekerja lebih baik dalam mencari mangsa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *