Shadow

Ikan Hias Parung Panen Ratusan Ton 

Klik Bogor – Menggeluti usaha pembibitan ikan hias terus dilakukan oleh Kaman (57) warga Kampung Jampang Pulo, Kemang, Parung. Sejak 1994, berkat kegigihannya kini Kaman mampu mengirim beragam ikan hias hingga ke Pulau Sumatera.

Sedikitnya 50 kolam dijaga oleh 12 kelompok dengan 15 jenis ikan dikembangbiakan Kaman di kolam berdiameter 7×7 meter dengan kedalaman 1,5 meter. Setiap satu kolam penampungan, hanya membutuhkan waktu 90 hari. Kaman mampu memanen ratusan ton ikan hias siap jual ke berbagai wilayah yang telah menjadi konsumennya, Sedangkan pengiriman terbanyak ke Jakarta dalam satu minggu bisa empat kali.

“Untuk jumlah ikan lebih dari 15 jenis yang kita lakukan pembibitan sampai ke penjualan dengan diameter kolam sekitar 7×7 meter dan kedalaman dari 1,5 meter setiap kolamnya,” jelasnya

Menurutnya, ikan hias jenis Louhan merupakan jenis ikan yang cukup rumit dalam pengembanggiakannya.

“Ikan lohan sedikit rumit karena harus mengambil langsung air dari akuarium karena suka stres dan benjolannya kempes itu membuat harga ikan langsung murah,” tambah Kaman.

Selain itu, untuk harga ikan hias berbeda-beda setiap jenisnya, kecuali Gurame Padang untuk telornya saja bernilai Rp 150 perak per butir. Bila sampai menetas dan jadi anakan dihargai Rp 1.500 per ekor.

Reporter: Elshaqi

Editor: Robby Firliandoko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *