Shadow

Indonesia Unjuk Produk Terbaik di Panama

Expocomer 2024 di Panama City, Panama

Panama City – KBRI Panama kembali berpartisipasi pada Expocomer 2024, pameran dagang terbesar di Panama yang digelar di Panama Convention Center (5-7/3). Pembukaan Expocomer dilakukan oleh Presiden Panama, Laurentino Cortizo; Menteri Perdagangan dan Industri, Jorge Rivera Staff; Presiden Kamar Dagang, Industri dan Pertanian Panama (CCIAP), Adolfo Fabrega. Selain Expocomer, secara paralel juga dilaksanakan pameran pariwisata (Expo Turismo), pameran industri logistik (Expo Logistica), dan pameran wara laba (Expo Franquicia). Expocomer 2024 diikuti oleh peserta bisnis dari 30 negara dan dikunjungi oleh sekitar 20.000 pengunjung lokal dan internasional, berhasil mencetak transaksi dagang sebesar USD 148,2 juta.

Pada pameran ini KBRI membuka 3 stand dengan menampilkan produk traktor Quick dari CV. Karya Hidup Sentosa (diwakili oleh importir Quick traktor di Panama, DMC), produk makanan dan personal care dari Garuda Food dan Orang Tua Group, dekorasi dan kerajinan Indonesia dari berbagai perusahaan di Bali (diwakili importir di Panama, Casa Mona Decor). Adapun produk yang paling diminati dari stand Indonesia adalah traktor Quick. Pengunjung dari Panama dan negara-negara Amerika Tengah menyatakan sangat tertarik dan selanjutnya beberapa pengunjung bisnis telah melakukan pemesanan produk ini melalui DMC sebagai distributor Quick di Panama. Selain itu, delegasi Kementerian Pembangunan Pertanian negara bagian Ceará, Brazil yang juga hadir di Expocomer 2024, telah menyampaikan minat terhadap produk Quick Tracktor, dan telah mengundang distributor lokal Quick Tractor untuk mengikuti tender penyediaan traktor serta pemberian pelatihan penggunaannya.

Selain traktor, produk dekorasi dan kerajinan Indonesia yang dipromosikan distributor Casa Mona Decor juga sangat diminati pengunjung. “Indonesia memiliki masyarakat dengan budaya unik dan beragam yang menjadi inspirasi berbagai kerajinan dan dekorasi yang sangat cantik dan menarik” ujar Mr. Eric, pemilik Casa Mona Decor. Casa Mona juga menyampaikan minat untuk hadir di TEI 2024 atau IFEX 2025 guna mencari produk-produk kerajinan dan dekorasi dari Indonesia lainnya untuk dipasarkan di Panama. Produk makanan dari Garuda Food dan Orang Tua Group juga cukup menarik perhatian para pengunjung dalam pameran ini. Dengan banyaknya pengunjung dari kawasan Amerika Latin dan Karibia, Expocomer menjadi ajang promosi yang strategis untuk produk-produk Indonesia tidak hanya di Panama namun juga di kawasan Amerika Latin dan Karibia. Peran Panama sebagai hub perdagangan dan logistik di kawasan nyatanya mampu menjadi etalase dari berbagai produk Indonesia untuk diperkenalkan di kawasan.

Sumber: KBRI Panama

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *