Shadow

Hadiri Pelantikan Rektor IPB, Rudy Susmanto Berharap Sinergi Kalangan Akademisi Membangun Bogor

BOGOR – Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto berharap kalangan akademisi, terutama dari Universitas maupun Sekolah Tinggi yang ada di Bogor untuk meningkatkan peran dan kontribusi dalam mengatasi persoalan pembangunan di Kabupaten Bogor.

Harapan tersebut disampaikan Rudy, usai menghadiri prosesi pengambilan sumpah jabatan rektor Institut Pertanian Bogor periode 2023-2028, di Gedung Graha Widya Wisuda, Kampus IPB Darmaga, Kabupaten Bogor, Rabu (18/1/23).

“Sebagai bagian dari pemerintah daerah, pertama saya ucapkan selamat kepada Prof Arif Satria yang hari ini kembali dilantik sebagai rektor IPB,” ujar Rudy.

Kedua, lanjut Rudy, DPRD Kabupaten Bogor berharap, Prof Arif Satria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) tersebut, dapat bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Bogor di banyak sektor. Bukan hanya pendidikan, tapi juga menyoal pada pembangunan di sektor lain.

“Apalagi, seperti arahan Presiden Jokowi saat Rakornas kemarin, saat ini dunia dibayangi resesi, krisis pangan, dan inflasi tinggi. Karena itu, salah satu yang bisa kita lakukan adalah bagaimana meningkatkan dan menjaga stabilitas produksi pangan, mengkombinasikan antara ilmu pengetahuan, teknologi, dan sumberdaya yang kita miliki,” kata Rudy.

Rudy berharap, IPB memberi porsi riset dan penelitan yang lebih besar kepada Kabupaten Bogor. Hasil riset tersebut, lanjut dia, harus bisa diterapkan untuk meningkatkan produksi pangan dan industri pengolahannya.

“Saat ini kita memang sudah bersinergi, tapi menghadapi kondisi yang mungkin tidak biasa dalam waktu-waktu kedepan, kerjasama ini harus lebih terencana dan terarah lagi. Lebih taktis, efektif dan efisien,” katanya.

Rudy meyakini, sinergitas antara kalangan saintis, birokrat, politisi, budayawan, dan elemen masyarakat lainnya akan menjadi kekuatan untuk mengatasi berbagai persoalan yang dihadapi bangsa ini.

“Jadi saya mengajak para akademisi, mari kita bersama-sama membangun Kabupaten Bogor. Bukan hanya IPB, tapi juga dari kampus-kampus lainnya,” tandasnya.

Prof Arif Satria kembali terpilih sebagai Rektor IPB University Periode 2023-2028. Majelis Wali Amanat (MWA) IPB University telah melakukan penetapan dalam Sidang Paripurna Tertutup yang digelar di IPB International Convention Center (IICC), Bogor, Rabu (9/11/2022) yang lalu.

Dalam sambutannya, Prof Arif mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah bersama-sama mendukung program kerja yang sudah dijalankan selama lima tahun kepemimpinannya sebagai Rektor IPB University 2018-2022. Ia juga berharap dukungan seluruh pihak untuk kepemimpinannya di periode 2023-2028 mendatang.

Menurutnya, tantangan IPB University kali ini berbeda dengan lima tahun yang lalu. IPB University harus siap memberikan berkontribusi untuk mengatasi ancaman krisis pangan.

“Oleh karena itu, harapannya IPB University terus berkontribusi secara positif melakukan aksi-aksi nyata di masyarakat untuk mengatasi krisis pangan tersebut. IPB University siap untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak,” tuturnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *