Shadow

Pertemuan Indonesia-Philippines Border Committee (IDPHBC) Chairmen’s Conference Ke-39

Davao City, Filipina – Kegiatan Indonesia Philippines Border Committee (IDPHBC) Chairmen’s Conference ke-39 telah dilaksanakan pada tanggal 22 – 23 November 2022 di Park Inn Hotel dan SMX Convention Center SM Lanang Premiere, Davao City.

Delegasi Indonesia dihadiri oleh Kolonel Laut (T) Bambang Wijonarko selaku Atase Pertahanan RI-Manila, Letkol Laut (P) Wityuda Timortimur selaku Ka ILO TNI, Serma Ttu Eka Juliansyah selaku Ba ILO TNI dan Bapak Puguh Tedjobaskoro, PF Protokol-Konsuler dan staff yang mewakili KJRI Davao City.

Turut hadir dari delegasi Filipina antara lain Eastmincom Commander dan staff, Commander of NFEM dan staff, Coast Guard District Commander, PNP Regional Maritime Unit 11, Bureau of Fisheries and Aquatic Resources 11, National Intelligence Coordinating Agency 11, Bureau of Immigration, Department of Foreign Affair-Mindanao, Bureau of Customs Port of Davao, Mindanao Development Authority, Philippines Statistic Authority 11 dan Department of Social Welfare and Development 11.

Chairmen’s Conference merupakan pertemuan tahunan dengan tempat pelaksanaan bergantian antara Indonesia dan Filipina. IDPHBC sendiri terdiri dari tiga sub komite yang terdiri atas Sub-komite A terkait Patroli Perbatasan dan Komunikasi, Sub-komite B terkait Intelijen, Sub-komite C terkait Kegiatan Lintas Batas. Pertemuan yang diselenggarakan secara daring kali ini membahas seputar isu penting dalam implementasi 1975 Border Crossing Agreement (BCA) dan Border Patrol Agreement (BPA) di perbatasan negara Indonesia-Filipina.

Terdapat dua belas item agenda yang dibahas dalam pertemuan ini dan diakhiri dengan kesepakatan kedua pihak untuk mendorong percepatan revisi 1975 BCA dan BPA kepada pemerintah masing-masing. Kegiatan berlangsung dengan lancar dan diakhiri dengan penandatanganan hasil kesepakatan serta foto bersama.

Dalam kesempatan yang sama, LTGen Greg T. Almerol PA selaku Eastmincom Commander memberikan cinderamata kepada KJRI yang diwakili oleh Bapak Puguh Tedjobaskoro dan kepada Atase Pertahanan RI-Manila, Kolonel Laut (T) Bambang Wijonarko.

Sumber: KJRI Davao City

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *