Shadow

Pemkab Bogor Jadikan Peringati Hari Pahlawan ke-77 Sebagai Momentum Untuk Memperkuat Budaya Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Bogor – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor lakukan Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-77 tahun 2022 tingkat Kabupaten Bogor, yang dipimpin langsung Inspektur Upacara, Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan, di Lapangan Tegar Beriman, Kamis (10/11/22). Upacara Peringatan Hari Pahlawan digelar sebagai momentum untuk memperkuat budaya persatuan dan kesatuan bangsa di Kabupaten Bogor.

Di momentum Peringatan Hari Pahlawan kali ini, Plt. Bupati Bogor juga memberikan bantuan sosial berupa uang tunai kepada keluarga perintis kemerdekaan RI dan keluarga veteran RI,serta dilakukan penyerahan persetujuan hibah tanah seluas 3.437 meter milik Pemerintah Kabupaten Bogor kepada Kodim 0621 untuk Kantor Koramil.

“Mari kita jadikan momentum Peringatan Hari Pahlawan 2022 untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain, mengisi kemerdekaan dengan menjadi pahlawan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan seterusnya. Jadikanlah semangat dan nilai–nilai kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan kita bersama,” ungkap Plt. Bupati Bogor saat membacakan sambutan Kemensos RI pada kegiatan Peringatan Hari Pahlawan RI, di Lapangan Tegar Beriman.

Menurutnya, Hari Pahlawan setiap tahunnya diperingati dengan renungan yang sungguh-sungguh untuk menemukan kembali jejak para pahlawan dalam kehidupan, sebagai bangsa dan negara merdeka. Semua hidupkan kembali dalam benak, karena perjuangan para pahlawan bangsa. Dari para pejuang yang gugur dalam pertempuran mempertahankan kemerdekaan, penting untuk diresapi semangat dan keikhlasannya.

“Bersama kita kenang dan hormati perjuangan para pahlawan. Bersama kita bangun ingatan kolektif bangsa agar dapat mengimplementasikan semangat dan nilai-nilai luhur pahlawan. Bersama kita perkuat persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang merupakan amanat pahlawan bangsa,” tutur Iwan Setiawan.

Sebagaimana diketahui, dengan hanya berbekal bambu runcing, para pahlawan dengan semangat bergerak serempak menghadang musuh yang merupakan pemenang perang dunia dengan persenjataan terbaiknya. Rakyat bergandeng tangan dengan para tokoh masyarakat dan pemuka agama berikut pengikut dan santrinya, bersama laskar-laskar pemuda dan pejuang dari seantero nusantara, semuanya melebur menjadi satu.

Para pejuang kemerdekaan Indonesia secara gagah berani melawan tentara–tentara musuh yang bersenjata lengkap, tidak akan mau menyerah pada siapapun juga. Para pejuang sepenuhnya percaya bahwa masa depan kita, anak dan cucu kandung revolusi Indonesia sangat layak untuk diperjuangkan. Para pejuang telah berkorban sampai tetes darah penghabisan untuk kemerdekaan yang sesungguhnya dan bukan pemberian dari siapapun, melainkan berkat dan rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa.

Lanjut Iwan Setiawan mengatakan, saat ini bangsa Indonesia berada dalam perjuangan besar untuk menaklukkan ancaman dan tantangan, seperti pemanasan global yang memicu beragam bencana alam, kelangkaan pangan, energi dan air bersih serta kesiapsiagaan untuk menghadapi bencana alam termasuk pandemi Covid–19 serta kelangkaan sumber daya. Kiranya perlu dipersiapkan secara bersama dengan sungguh-sungguh.

“Kita harus meneruskan pengembangan dan pemanfaatan energi baru dan terbaharukan. Melakukan pengembangan sumber pangan berbasiskan potensi dan kearifan lokal, sebagai solusi pemenuhan kebutuhan pangan dan memperkuat keragaman pangan. Mengelola sumber daya air secara bijak untuk menjamin keamanan dan ketahanan sumber daya air yang diharapkan dapat menopang keberlangsungan hidup dan kehidupan generasi kini dan generasi mendatang dengan lebih baik lagi,” tegasnya.

Dirinya juga mengajak, seluruh masyarakat untuk memaknai Hari Pahlawan dengan mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif. Berantas kebodohan, perangi kemiskinan dan upaya pecah–belah bangsa untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur.

“Kita lawan paham radikal, kita tumbuh kembangkan semangat gotong royong untuk menyongsong masa depan yang cerah. Pahlawan akan menjadi teladan bagi kita mengarungi masa–masa penuh tantangan. Teladan bagi kita menata masa depan dan menjadi pemenang, selamat hari pahlawan tahun 2022,” tukasnya.

Selanjutnya, pahlawan 1988 Kabupaten Bogor, Sakir menghimbau kepada para generasi muda Kabupaten Bogor untuk semangat meneruskan perjuangan para pahlawan. “Anak-anak muda harus terus semangat, masa depan bangsa ada digenerasi penerus bangga berikan yang terbaik untuk bangsa ini,” terang Sakir.

Ditempat yang sama, Keluarga perintis kemerdekaan asal Desa Citayem Kecamatan Bojonggede, Rumlah menyatakan bersyukur atas perhatian Pemerintah Kabupaten Bogor kepada para keluarga pahlawan. “Terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bogor yang telah memberikan bantuan kepada kami, Alhamdulilah diperhatikan oleh Pemerintah mudah-mudahan bangsa ini selalu dilindungi Allah SWT. Kami merasa berarti dan berguna,” tandasnya.

Turut Hadir, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bogor, Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemkab Bogor, jajaran Pemerintah Kabupaten Bogor, ASN lingkup Kabupaten Bogor dan lainnya. (Fuad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *