Shadow

Kembangkan Balai Benih Ikan Hias di Kemang, Pemkab Bogor Gandeng IPB University

Bogor-Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Bogor menindaklanjuti MoU kerjasama Pemkab Bogor dengan IPB University.

Diskanak menandatangani perjanjian kerjasama untuk pengembangan balai benih ikan hias di Desa Tegal, Kecamatan Kemang.

“Diskanak akan mengembangkan balai benih ikan hias seluas 3 hektare di Desa Tegal, Kemang. Kami saat ini sedang membuat detail engineering designnya (DED) dan mengkeejasamakan pengembangannya balai benih ikan hias tersebut dengan Fakultas Perikanan IPB University,” kata Kepala Diskanak Kabupaten Bogor Oetje Soebagdja kepada awak media, Senin, (12/09/2022).

Mantan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) ini menambahkan walaupun jajarannya berkeinginan mengembangkan balai benih ikan hias, namun untuk jenis ikan hiasnya, Diskanak butuh kajian dari Fakultas Perikanan IPB University.

“Kami berkeinginan ada ciri khas dan saran atau kajian dari IPB University, Diskanak saat ini sudah ada balai benih ikan tawar, hingga kini berkeinginan membangun balai benih ikan hias. Dengan adanya balai benih ikan hias, maka pembagian benih ikan ke masyarakat atau petani ikan, tidak hanya ikan tawar tetapi juga ikan hias,” tambahnya.

Oetje menerangkan bahwa balai benih ikan hias di Desa Tegal, Kemang ini merupakan aset Pemkab Bogor, yang penggunannya di tugaskan oleg Bupati Bogor ke Diskanak.

“Lokasi balai benih ikan hias ini dibatasi Kali Cibeuteung dan lokasinya hanya 800 meter dari jalan utama Desa Tegal dan 4 Km ke Jalan Bogor-Parung, lalu Kecamatan Kemang sendiri termasuk kawasan minapolitan hingga kemungkinan besar cocok menjadi daerah sentra perikanan,” terang Oetje.

Kabid Produksi Perikanan Budidaya dan Tangkap Diskanak Kabupaten Bogor Rohman memaparkan bahwa di lokasi balai benih ikan hias di Desa Tegal, Kemang. Sudah ada 40 kolam budidaya ikan dan sudah dikelola oleh petani ikan penggarap atau pembudidaya.

‘Saat ini kolam diisi oleh ikan lele, gurame dan ikan koi (hias),  dan kedepan kami memofukskan kepada ikan hias saja. Tahun depan, untuk tahap pertama kami akan membangun saluran irigasi, pos jaga dan lainnya hingga cukup layak menjadi sentra balai benih ikan hias,” papar Rohman. (Rocky)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.