Shadow

Indonesia Gelar Pameran Seni dan Budaya di Uhldingen

Uhldingen, Jerman – KJRI Frankfurt hadir mewakili Indonesia pada Freunde Indonesien e.V. Friedrichshafen pada acara Pameran Seni dan Budaya Indonesia di Interkulturel Woche (Pekan Budaya) di Uhldingen, Jerman (03/10/2021).
Acara dibuka oleh Bürgermeister Herr Dominic Mänlle dilanjutkan sambutan oleh Konjen RI Frankfurt, Acep Somantri yang menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Freunde Indonesien e.V. dan Walikota Uhldingen atas kesempatan mempromosikan seni dan budaya Indonesia kepada ratusan masyarakat Uhldingen yang hadir. Konjen RI berharap program ini dapat diperluas tahun depan dalam rangka 70 tahun hubungan bilateral Indonesia-Jerman dan 50 tahun kota Uhldingen.
Acara Pameran Seni dan Budaya Indonesia tersebut dimeriahkan dengan berbagai penampilan dari anggota Freunde Indonesien e.V. berupa tarian Bajidor Kahot dari Betawi dan Tor-Tor dari Sumatra, musik Angklung, pameran batik, bazar batik, dan bazar makanan untuk mengenalkan kuliner Indonesia.
Selain itu, di sela-sela acara Interkulturel Woche kota Uhldingen dan bertepatan dengan peringatan Hari Batik Nasional tanggal 2 Oktober 2021, untuk pertama kalinya KJRI Frankfurt juga menyelenggarakan Workshop Membatik yang dipandu oleh Sdri. Brigitta Angela D ‘ Broer Baumgart putri dari Ibu Gou Yang Giok pengrajin batik dari Cirebon. Sdr. Briggita saat ini berdomisili di kota München.
Kepada 20 peserta workshop yang merupakan warga Indonesia dan Jerman dari kota Ulhdingen dan sekitarnya, diberikan materi pelatihan mulai dari cara membubuhkan “malam cair“ dengan canthing bambu pada kain putih bermotif khas batik, sampai dengan proses pewarnaan kain hasil membatik. Pada akhir acara, peserta workshop dipersilahkan untuk membawa pulang hasil membatiknya.
(Sumber: KJRI Frankfurt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *