Shadow

Dewandaru Dikenal Sebagai Tanaman Mistis

Tanaman ini banyak dijumpai dalam kisah pewayangan, dalam bahasa jawa kuno, atau sansekerta. Kata dewandaru sendiri dalam bahasa Jawa berarti pembawa pesan dari para dewa.

Pohon ini terkenal karena ada banyak mitos yang berkaitan dengan pohon dewandaru ini. Wah, jadi penasaran, nih, seperti apa pohonnya, ya? Apakah saja manfaat pohon dewandaru ini? Cereme Belanda Batang pohon tegak, berkayu, dengan kulit kayu berwarna coklat.

Nama latinnya Eugenia uniflora. Pohon ini banyak ditemukan di Jawa, Sumatera, dan pulau-pulau kecil di sekitar. Kalau di Pulau Jawa, akan banyak menjumpainya di Kepulauan Karimunjawa.

Namun, sebenarnya pohon ini berasal dari pantai timur Amerika Selatan, yang meliputi Suriname, Guyana Prancis, Brasil bagian selatan, serta sebagian Paraguay, Argentina, dan Uruguay. Di tempat asalnya, pohon ini dikenal dengan sebutan pohon pitanga, Surinam Cherry, Brazilian Cherry, atau Cayenne Cherry. Di Indonesia, pohon ini disebut juga pohon cereme londo atau cereme belanda.

Disebut begitu karena buah dewandaru memiliki bentuk seperti buah cereme, yaitu bulat bergelombang. Namun, ukurannya lebih besar dari buah cereme dan lebih warna-warni. Buah dewandaru ketika masih muda berwarna hijau, makin tua warnanya berubah jadi kuning, oranye, lalu merah. Buah ini rasanya asam. Dan akan manis bila sudah menghitam Tanaman Obat Pohon dewandaru adalah tanaman obat. Beberapa bagian dari tanaman ini dipercaya bisa menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Warna oranye dan merah pada buah dewandaru menunjukkan bahwa di dalamnya terdapat kandungan senyawa golongan karotenoid.

Senyawa ini merupakan antioksidan yang bekerja melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh manusia. Biji buah dewandaru bisa digunakan sebagai obat diare. Katanya biji buah ini mengandung protein tertentu yang bisa menghambat pertumbuhan kuman penyebab diare. Daun dewandaru mengandung minyak atsiri. Minyak atsiri merupakan analgesik atau penghilang rasa sakit.
Berbagai sumber

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.