Shadow

5 Manfaat Memelihara Hewan Peliharaan Bagi Anak

sumber: motherandbaby

Reporter: Anne Anisa

Anak-anak perlu mengeksplorasi banyak hal pada masa pertumbuhan dan perkembangannya. Salah satunya mengenalkan mereka dengan sesama makhluk hidup ciptaan Tuhan, yaitu binatang.

Memelihara hewan peliharaan seperti kucing, kelinci, anjing, atau ikan adalah hal yang menyenangkan bagi anak-anak. Tak hanya itu, ternyata memelihara hewan peliharaan juga memiliki manfaat bagi anak, lho.

Berikut 7 manfaat memelihara hewan peliharaan bagi anak:

  1. Belajar kasih sayang

Pada dasarnya hewan peliharaan adalah makhluk hidup yang membutuhkan kasih sayang dan perhatian dari pemiliknya, lho. Dengan begini, anak akan bisa belajar bagaimana menyayangi hewan peliharaannya.

Misalnya dengan memberikan makanan secara rutin, mengajak main, dan ketidakinginan anak melihat hewan peliharaannya sakit atau disakiti oleh orang lain.

  1. Anak menjadi lebih aktif

Dengan memelihara hewan peliharaan, anak memiliki aktivitas tambahan. Aktivitas itu bisa berupa mengajak hewan peliharaannya untuk berlari dan bermain.

Hal ini membuat anak semakin aktif karena aktivitas fisik yang Ia lakukan dengan hewan peliharaannya.

  1. Melatih jiwa kepemimpinan

Sebuah survey menunjukkan anak yang memelihara hewan peliharaan lebih berhasil di sekolah. Dengan memelihara hewan, anak akan mempunyai manajemen waktu yang lebih baik nantinya.

  1. Mempunyai daya tahan tubuh lebih kuat

Sebagian dari orangtua memiliki kekhawatiran anak terjangkit penyakit apabila memelihara hewan. Namun, berdasarkan sebuah studi, memelihara hewan malah akan membangun daya tahan tubuh dari alergi dan asma secara lebih baik.

  1. Menumbuhkan rasa percaya diri

Anak akan merasa sangat bahagia ketika berhasil memelihara hewan peliharaannya dengan baik. Rasa bahagia ini akan membentuk rasa percaya diri yang akan terus berkembang dalam diri anak.

Itulah lima manfaat memelihara hewan peliharaan bagi anak. Dengan banyaknya manfaat di atas, sudah tidak ragu untuk memberikan hewan peliharaan kepada anak kan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *