Shadow

SAMA BERMANFAATNYA DENGAN SEMANGKA MERAH, INI MANFAAT SEMANGKA KUNING

sumber foto: klikdokter

Reporter: Adelia Maulitania

Semangka pasti buah yang sudah tak asing lagi untuk dikonsumsi di negara tropis. Selain karena segar dan enak, juga karena banyaknya nutrisi yang dikandungnya. Kalau berbicara tentang semangka, pasti kita akan bertanya-tanya. Semangka yang apakah ini? Semangka merah atau kuning?

Tahukah Anda bahwa kedua semangka itu tidak banyak berbeda. Yang membedakan hanyalah warna dan kandungan nutrisi. Meskipun berbeda warna, namun nutrisinya sama. Hanya saja, kalau semangka merah mengandung likopen seperti yang ditemukan di buah-buahan berwarna merah, seperti tomat. Sementara itu, semangka kuning mengandung beta-karoten seperti yang ditemukan di buah-buahan warna kuning, seperti wortel.

Nah, lalu apa saja manfaat dari mengonsumsi semangka kuning? Ini lima manfaat mengonsumsi semangka kuning bagi kesehatan tubuh.

  1. Baik bagi Penderita Diabetes

Semangka kuning kaya akan kandungan serat dan gula alami yang baik dikonsumsi bagi penderita diabetes. Selain itu, semangka kuning juga kaya akan vitamin dan mineral. Nutrisi seperti citruline, asam amino, kalium, vitamin A, dan vitamin C juga dapat Anda dapatkan ketika mengonsumsi semangka kuning.

  1. Mencegah Sariawan

Berbeda dengan semangka merah, semangka kuning lebih tinggi mengandung vitamin C. Jadi, buah ini dapat mencegah sariawan lebih baik daripada semangka merah. Selain itu, dapat juga memperkuat daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Beta-karoten merupakan nutrisi yang biasanya terkandung dalam buah atau sayur berwarna kuning, seperti wortel dan kentang. Oleh karena itu, sama seperti wortel, semangka kuning juga baik bagi kesehatan mata.

  1. Meredakan Nyeri dan Kaku pada Otot

Kandungan air dalam semangka merah dan kuning baik bagi kesehatan otot tubuh. Terdapat nutrisi berupa zinc, selenium, beta-karoten, antioksidan, vitamin B6, dan vitamin C yang dapat membantu meredakan nyeri dan kaku pada otot.

  1. Manfaatnya untuk Pencernaan

Kadar air dalam semangka kuning dapat membantu pergerakan usus, sehingga baik bagi pencernaan. Selain itu, juga membantu pembentukan feses yang dapat mengurangi sembelit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *