Shadow

Minum Obat Jangan dengan Susu atau Pisang

Sumber gambar: Trubus.id

Reporter: Krisnia Rahayu

Kerja obat di dalam tubuh akan tercega apabila dengan susu atau pisang. Karena susu atau pisang dapat mencegah bekerjanya obat di dalam tubuh. Bahkan efek samping berbayaha pun dapat timbul. Senyawa kimia yang dimiliki susu atau pisang akan berdampak pada metabolisme tubuh. Bukan berarti susu dan pisang tersebut alami tidak memiliki efek pada tubuh. terdapat beberapa daftar kimia yang dapat mempengaruhi metabolisme tubuh. berikut penjelasan tidak dianjurkannya minum obat dwngan susu atau pisang.

1. Susu
Hindarilah minum susu jika Anda mengkonsumsi obat-obatan antibiotik dan obat-obatan khusus osteoporosis. Hindari susu ketika minum obat antibiotik dan obat khusus osteoporosis. Kandungan kalsium pada susu dapat mengganggu efek antibiotik, sama halnya dengan produk susu lain seperti keju dan yogurt.

Penyerapan obat ke dalam sistem tubuh akan terganggu kandungan kalsium dalam susu. Sebab obat yang terikat di usus dan penyerapannya berkurang. Selain obat tersebut ada obat lain juga seperti tetracycline, ciprofloxacin, atau alendronate.

2. Pisang
Tidak jarang orang biasanya meminum obat dengan mengunyah pisang. Namun hal ini akan mengganggu jika Anda mengkonsumsi obat tekanan darah. Kandungan potasium dalam pisanglah yang dapat mengganggunya.

Jantung akan tak beraturan dan berdebar-debar hal ini disebabkan kandungan potasium yang tinggiyang terdapat pada pisang. Selain tidak boleh mengkonsumsi pisang saat meminum obat tekan datrah tinggi dan pada penyakit jantung, alangkah baiknya pisang juga tidak dikonsumsi jika Anda sedang meminum obat untuk ginjal.

Itulah mengapa susu atau pisang tidak dianjurkan dikonsusmsi sebelum, setelah atau bersamaan dengan obat-obatan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *