Shadow

Kamu Penggemar Kopi? Ini yang Akan Terjadi pada Kesehatan Mentalmu

Fotografer: Mutiara Nur Shafira Aryandhini

Reporter: Mutiara Nur Shafira Aryandhini

Apakah kamu penggemar kopi dan sering menyeduhnya untuk mendapatkan energi? Ya, kopi memang dikenal sebagai penambah energi di pagi hari atau ketika suntuk di siang hari. Selain itu, kopi juga digunakan ketika kamu perlu begadang mengerjakan tugas. Padahal, selain itu kopi memiliki khasiat lain seperti mengurangi risiko diabetes tipe 2, menjaga kesehatan jantung, hingga menjaga tubuh agar tetap langsing.

Selain itu, kopi juga memiliki beberapa khasiat yang akan kamu dapatkan pada kesehatan mentalmu. Kafein pada kopi membantuk otak untuk melepaskan dopamin ke dalam area otak yang penting untuk mempengaruhi suasana hati. Dalam kata lain, kopi dapat membuatmu dalam mood yang terjaga. Pada intinya, kopi dapat membuatmu lebih bahagia dimulai dari menghirup aroma kopi, hingga menyesap rasa kopi yang khas.

Kopi bahkan dapat melawan depresi. Sebuah penelitian mengatakan bahwa kopi dapat menurunkan risiko terkena depresi hingga 20 persen. Hal ini dikarenakan kafein dapat mencegah reseptor otak untuk merespon situasi stres. Selain itu, orang dengan depresi juga memiliki dopamin yang rendah, sementara kopi dapat melepaskan dopamin ke area otak.

Hal yang perlu diingat ialah, kamu dilarang mengonsumsi kopi terlalu banyak. Kamu bisa konsumsi kopi dalam batas wajar saja ya, karena jika kopi dikonsumsi berlebihan, malah meningkatkan risiko terkena depresi, lho.

Efek berbahaya pada kopi juga terletak pada kecemasan. Apabila kamu memang memiliki masalah pada kecemasan, baiknya kamu menghindari konsumsi kopi. Karena efek kafein pada tubuh akan mirip dengan efek yang dialami tubuh pada situasi yang menakutkan atau ketika terjadinya kecemasan.

Selanjutnya, kopi berbahaya bagi kesehatan mental karena kopi dapat menyebabkan kecanduan. Kamu akan merasa kurang puas meminum beberapa gelas kopi, hingga akhirnya akan mengonsumsi secara berlebihan. Apabila kamu berhenti meminum kopi, akan ada gejala-gejala yang dirasakan seperti sakit kepala, mengantuk, kecemasan, hingga mudah marah.

Beberapa orang mungkin akan mengonsumsi obat ketika akan begadang. Kopi memang akan membuatmu terjaga. Hingga pada akhirnya kamu akan kesulitan masuk tidur ketika kamu hendak pergi tidur. Maka dari itu, sebaiknya hindari kopi ketika malam sudah tiba.

Kopi memang memiliki beberapa manfaat yang dapat membantumu beraktivitas. Namun apabila dikonsumsi berlebihan akan menimbulkan beberapa pengaruh negatif, terutama bagi kesehatan mentalmu. Maka dari itu, sebaiknya konsumsilah kopi dalam jumlah yang wajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *