Shadow

Jangan Tertipu, Deretan Buah Ini Ternyata Beracun

Reporter: Nurfitri Okinawa

Mengkonsumsi buah setiap hari sangat dianjurkan. Tapi tidak semua jenis buah dapat dikonsumsi. Terdepat beberapa jenis buah yang terlihat cantik dan menarik namun beracun. Terutama bagi para pendaki yang biasanya suka mencari buah-buahan di hutan.

Sulit menemukan jenis buah yang dapat dimakan dan tidak? Berikut daftra buah beracun yang tidak dapat dikonsumsi.

  1. Saga rambat

    sumber: wikipedia

Biji saga yang berwarna merah memanglah cantik dan sangat menarik perhatian. Pesona biji saga ini sangat diukai oleh hewan dan juga anak-anak sehingga sering dijadikan untuk pernak-pernik. Namun biji saga mengandung racun abirin yang mematikan. Jenis racun ini dapat membunuh manusia dewasa hanya dengan 3 mg racun tersebut.

  1. Elderberry

    sumber: freepik

Buah berry yang satu ini memiliki racun glikosida di seluruh bagian tanaman ini. Racun glikosida memiliki efek samping mual, diare, hingga kematian bagi pengonsumsinya.

  1. Biji apricot

    sumber: freepik

Dalam biji apricot terdapat senyawa laetril yang apabila dikonsumsi oleh manusia dapat berubah menjadi racun sianida.

  1. European spindle

    sumber: wikipedia

Sama seperti buah elderberry, buah ini juga mengandung senyawa glikosida dengan efek samping yang dapat menyebabkan kematian.

  1. Jambu mete

    sumber: freepik

Karena pada dasarnya buah ini memang tidak dapat dikonsumsi. Kacang mete yang berasal dari buah ini juga dikelilingi racun. Kacang mete dapat dikonsumsi setelah melalui pengolahan yang benar. Mengkonsumsi kacang mete mentah dapat menyebabkan kerancunan.

  1. Kluwek

    sumber: wikipedia

Buah yang sering dimanfaatkan sebagai bumbu dapur ini ternyata bisa menyebabkan keracuan juga loh. Penggunaan yang tidak secara baik dapat menyebabkan keracunan. Hal ini disebabkan oleh asam hidrosianat yang terkandung dalam buah kluwek.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *