Shadow

Teliti Sebelum Membeli, Inilah Plus Minus Membeli Produk Ilegal

Sumber: Kompas Tekno

Reporter: M Habibur Rohman

Jagat dunia maya tengah dihebohkan dengan berita tertangkapnya  pemilik PS Store atas dugaan penjualan barang ilegal. Selama ini, PS Store dikenal sebagai pusat penjualan berbagai merek gawai yang menjual produknya dengan harga yang cukup miring. Tertangkapnya pemilik PS Store yang dikenal kerap memberikan give away itu menjadi sorotan warganet. Pasalnya, setelah ditelusuri, berbagai merek gawai yang dijual ternyata merupakan produk ilegal yang belum mendapat izin resmi.

Harga miring yang ditawarkan PS Store memang menjadi daya tarik sendiri di kalangan masyarakat tertentu. Nah, sebenarnya apa sih untung rugi membeli produk ilegal? Berikut ini kami sajikan beberapa informasi menarik seputar kelebihand an kekurangan produk ilegal.

Harga Sangat Terjangkau

Harga menjadi faktor utama yang menjadi daya tarik masyarakat untuk membeli produk di pasar gelap (black market). Memang, jika diperhatikan, produk-produk yang dijual di black market  memiliki harga yang jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan harga aslinya. Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dari produk-produk BM. Perbedaan harga ini biasanya dipengaruhi oleh berbagai faktor yang diantaranya ialah pajak. Ya, barang yang di jual di black market biasanya tidak dikenai pajak, oleh sebab itu harga jual bisa menjadi lebih miring.

Barang Berkualitas

Meski harga jualnya terbilang sangat murah, tak sedikit barang-barang yang dijual di black market memiliki kualitas yang bagus. Hal ini dikarenakan produk-produk tersebut biasanya diproduksi di luar negeri, sehingga tak jarang kualitasnya jauh lebih baik dari produk dengan merek dan seri yang sama namun diproduksi di dalam negeri. Bagi yang sudah sering membeli barang di pasar gelap, tentu bukan masalah lagi untuk mengetahui kualitas suatu produk yang dijual di BM.

Mendapatkan Barang Limited

Beberapa produsen gawai, misalnya, memang kerap kali membuat produk yang jumlahnya terbatas. Hal ini membuat produksi barang-barang tersebut tidak sebanyak produk pada umumnya, sehingga pelanggan saling berebut untuk mendapatkan seri limited  tersebut. Hal ini menjadi peluang tersendiri bagi penjual-penjual di black market. Tak jarang produk-produk limited yang sudah sulit ditemukan dijual di BM.

Meski memiliki beberapa kelebihan, produk-produk ilegal tentunya tidak pernah luput dari berbagai kekurangan. Beberapa kekurangan membeli produk ilegal ialah sebagai berikut;

Membantu Aktivitas Yang Melanggar Hukum

Bagaimanapun, kegiatan menjual barang ilegal merupakan suatu aktivitas yang melawan hukum. Hal ini karena barang ilegal adalah barang yang diselundupkan ke dalam negeri dan tidak mendapatkan izin resmi dari otoritas yang berwajib. Oleh karena itu, membeli barang ilegal sama saja dengan membantu terselenggaranya aktivitas yang melawan hukum.

Tidak Ada Garansi Dalam Negeri

Barang-barang di black market memang dijual dengan harga yang sangat miring dan sering kali kualitas yang didapat juga tak kalah dengan barang-barang resmi. Meski begitu, tentunya tak sedikit juga barang-barang ilegal yang kualitasnya jauh di bawah standar. Berbeda dengan barang-barang yang resmi, kamu tidak akan mendapat garansi kualitas dari produk-produk yang di jual di BM. Selain itu, tidak menutup kemungkinan juga produk yang kamu beli merupakan produk palsu. Akibatnya, jika kualitas produk tidak sesuai dengan standar merek tersebut, kamu hanya bisa pasrah dan merelakan uang yang sudah kamu keluarkan untuk mendapatkan produk tersebut.

Tidak Ada Suku Cadang

Berbeda dengan produk resmi, produk ilegal tidak menyediakan suku cadang dan gerai resmi untuk melakukan servis atau perbaikan jika produk yang kamu beli mengalami kerusakan. Oleh karena itu, resiko yang diperoleh jika membeli produk yang tidak resmi sebenarnya cukup besar. Apalagi jika produk yang kamu beli diharapkan bisa tahan lama dan dapat dipakai dalam jangka waktu yang panjang.

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan produk-produk yang tidak resmi. Teliti  lagi sebelum membeli agar kamu tidak kecewa dengan kualitas yang diberikan. Bagaimanapun, alangkah baiknya membeli produk yang benar-benar resmi bukan? Selain tidak melanggar hukum, kamu juga bisa lebih tenang melakukan pembelian karena sudah pasti mendapat garansi kualitas dari produsen.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *