Shadow

6 Makanan Ini Mampu Redakan Stres

sumber: pikiran-rakyat

Adanya tekanan, ancaman, atau sebuah perubahan memunculkan stres sebagai bentuk reaksi tubuh kita. Tidak dipungkiri, stres bisa saja datang saat pembuatan skripsi, mau ujian, ada masalah keluarga, bertengkar dengan pasangan, atau ada masalah di kantor. Kalau sudah stres begitu, tubuh terasa lemah, letih, lesu, dan bikin kita jadi tidak fokus melakukan sesuatu. Selain itu, stres juga bisa memicu penyakit datang ke tubuh kita dengan mudah, lho.

Jadi penting banget meredakan stres agar tidak berkelanjutan, nih. Salah satunya dengan dengan mengonsumsi makanan. Makanan apa saja yang bisa meredakan stres? Simak informasi di bawah ini ya!

  1. Ikan Salmon
sumber: berkeluarga.id

Omega 3 yang terkandung dalam ikan salmon dapat meningkatkan hormon dopamin yang dapat memberikan efek rileksasi untuk mencegah depresi. Selain itu, omega 3 juga memiliki sifat antiperadangan yang bisa bantu tubuhmu melawan efek negatif hormon adrenalin dan kortisol. Lebih baik konsumsi ikan salmon yang telah dimasak untuk mencegah efek merkuri, ya.

  1. Buah Berry

    sumber: cintaihidup

Buah berry memiliki rasa yang unik dan bermacam-macam jenis. Lalu, kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah berry ini dapat membantumu menghilangkan stres dan tingkatkan imun dalam tubuhmu. Untuk mengonsumsinya, kamu bisa makan langsung atau dijadikan jus yang segar.

  1. Almond

    sumber: rctiplus

Siapa yang tidak suka kacang satu ini. Kacang almond kerap dijadikan bahan tambahan pada kue, es krim, cokelat, atau diolah menjadi susu almond yang rasanya enak sekali. Dibalik itu semua, kacang almond memiliki kandungan antioksidan yang tinggi untuk menghilangkan stres. Konsumsi almond dengan kulit cokelatnya ya, karena di situ ada kandungan antioksidannya yang tinggi.

  1. Sayuran hijau

    sumber: republika

Sayuran hijau mengandung banyak manfaat untuk tubuh. Kandungan folat dalam sayuran hijau seperti bayam menghasilkan hormon dopamin yang mendatangkan ketenangan dan kebahagiaan untukmu. Untuk menjaga kandungan baik dalam sayuran hijau, jangan memasaknya terlalu lama, ya.

  1. Es krim

    sumber: holamigo.id

Siapa yang suka es krim? Sepertinya semua suka dengan olahan susu dan krim satu ini. Selain rasanya yang enak, es krim mengandung asam amino triptofan yang bisa bikin otak lebih tenang dan merangsang mood bahagia dalam diri kita.

  1. Buah pisang

    sumber: bolastylo

Kandungan berbagai vitamin, kalsium, dan asam amino triptofan di dalam buah pisang dapat memicu efek rileks, bahagia, serta memperbaiki mood. Asam amino  triptofan yang telah diubah menjadi molekul sederhana menjadi bahan pembuatan serotonin yang mampu mengatur suasana hati.

Itu dia 6 makanan yang dapat mengurangi stres. Ingat, bahagia itu penting. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *