Hal tersebut dikatakan Commissioner General Korea Coast Guard Cho Hyun Bai saat pertemuannya dengan Kepala Bakamla RI Laksdya Bakamla A Taufiq R, di Markas Komando Bakamla RI, Jakarta, Rabu (13/3/2019).

Pertemuan pertama antara pimpinan Coast Guard kedua negara tersebut membahas perihal rencana kerja sama antara Bakamla dengan KCG.

Pembahasan rencana kerja sama itu meliputi pertukaran informasi (sharing data), latihan bersama, dan peningkatan Sumber Daya Manusia melalui pendidikan dan pelatihan.

Lebih lanjut Kepala Bakamla pun memerintahkan kepada jajarannya untuk membahas lebih dalam tentang kerja sama itu pada saat pertemuan bilateral Rabu sore ini.

Commissioner General KCG beserta rombongan kemudian dipandu untuk melihat sistem dashboard Bakamla di Kantor Pengelolaan Informasi Marabahaya Laut (KPIML).

Tampak di layar besar dashboard rute tracking (pelacakan) Kapal Badaro 3011 dari Korea ke Indonesia, di mana ini merupakan salah satu fungsi Bakamla RI sebagai penjaga keamanan laut Indonesia. Sementara di sisi lain layar juga ditampilkan tracking ribuan kapal yang berlayar di wilayah perairan Indonesia, serta kondisi cuaca dan gelombang.