Shadow

Masyarakat Bogor Lakukan Aksi Bebersih Situ

Klik Cibinong – Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappedlitbang) menyelenggarakan kegiatan Festival Situ Front City dimana kegiatan yang dilakukan adalah bebersih Situ Pemda dan Cibinong Situ Plaza, yang dilanjutkan dengan penyebaran benih ikan serta penanaman pohon, Sabtu (27/10).

Aksi tersebut diikuti Wakil ketua DPRD Kabupaten Bogor, Hj. Saptariani, Kepala Bappedalitbang, Syarifah Sofiah, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan, Siti Farikah, Kepada Bidang Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup, Atis Tardiana dan sejumlah relawan yang turut serta melakukan aksi bebersih di sekitaran Situ Pemda dan Cibinong Situ Plaza.

Wakil ketua DPRD Kabupaten Bogor, Hj. Saptariani merasa senang bisa ambil bagian dalam kegiatan bebersih situ dalam rangka kegiatan Festival Situ Front City. Menurutnya, ini merupakan kegiatan yang sangat positif dimana ia mengharapkan aksi bebersih seperti ini menjadi kebiasaan yang konsisten untuk terus dijalankan.

“Saya harap ini bukan sekedar seremonial saja, tetapi kita dorong menjadi budaya lingkungan bersih, jadi kalo sekarang melakukan penebaran benih ikan dan penamaman pohon itu jangan hanya dilakukan sekarang saja tapi harus berkelanjutan karena alam akan mencintai kita jika kita juga mencintai alam”, ujar Sapta.

Sementara itu, Kepala Bappedalitbang, Syarifah sofiah, menuturkan kegiatan kali ini merupakan upaya untuk melestarikan situ. Terlebih, keberadaan situ telah memberikan banyak manfaat bagi warga sekitar. Lebih lanjut dia mengatakan, tak hanya membersihkan situ, ada sejumlah aksi lainnya yaitu penanaman pohon buah, serta penyebaran bibit ikan. Diharapkan dengan semua upaya tersebut, keberadaan situ akan terus terjaga kelestariannya.

Menurutnya, kegiatan bebersih kali ini melibatkan sekitar 550 relawan yang dibagi menjadi 4 zona. “untuk efisiensi serta efektifitas maka kegiatan bebersih kali ini dibagi kedalam 4 zona dengan masing – masing titik kumpul berada di Bappedalitbang dan Jln KSR Dadi Kusmayadi untuk zona I, Parkitan Samsat dan Jln KSR Dadi Kusmayadi untuk zona II, Parkiran Samsat dan Rumah Dinas Wakil Bupati untuk zona III serta Taman Cibinong Situ Plaza dan Rumah Dinas Wakil Bupati untuk zona IV,” jelasnya.

Ifah menyebutkan, kegiatan yang melibatkan masyarakat ini merupakan tahun kedua, dimana pada tahun lalu sudah dilakukan juga kegiatan bebersih Setu Citatah di Kecamatan Cibinong dan Setu Tonjong di Kecamatan Tajurhalang. “Sekarang di beberapa desa sudah mulai ada yang setunya mandiri dengan kekuatan dana sendiri karena sekarang sudah ada anggaran dana desa dan sebagainya, jadi kita harapkan nanti semakin meluas dan menularkan semangat seperti ini untuk membersihkan setu – setu lainnya,” ungkapnya. (Les)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *