Shadow

Ikosi Kota Bekasi Kerjasama Dengan JMKB Adakan Sekolah Kepemimpinan

Klikterus.com – Ikatan Osis Sekota Bekasi (IKOSI) kolaborasi dengan Jurnalistik Muda Kota Bekasi (JMKB) menyelenggarakan Sekolah Kepemimpinan di Kampus Binus University, Summarecon Bekasi. pada (Minggu), 21 Agustus 2022.

Hadir dalam acara tersebut anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat Asep Arwin Kotsara, M.Eng sebagai narasumber sekaligus motivator Mental Block Release (MBR).

“Pemimpin ada 3 hal yang harus dimiliki yaitu: Pertama, Motivator, harus punya motivasi, aktif di ikosi, osis atau organisasi lainnya. Sebelum memotivasi orang lain harus motivasi diri sendiri”. Ucapnya.

“Jangan tutup diri kalian dengan kata-kata negative. Hilangkan persepsi negative diri sendiri “Saya gak mungkin, saya orang gak mampu,” jauhkan.

Allah memberikan modal untuk meraih masa depan kalian diberikan akal, gunakan otak tersebut meraih masa depan kalian dan gunakan untuk membahagiakan orang tua kalian”. Tambahnya.

Kedua Driver, bawa penumpang banyak, ada polisi tidur, jurang sedikit punya ”rem”, jauhi narkoba, jauhi minuman keras, jauhi prostitusi, jauhi tawuran. Kendalikan diri kalian kearah yang baik.

Dan karakter ketiga yaitu Transformator, berubah lebih baik, tingkatkan belajar, tingkatkan ibadah. Dan 95% kesuksesan manusia adalah dari mindshet. Oleh Karena itu, jangan pernah tutupi diri kalian”, tandas legislator PKS ini.

Sekolah Kepemimpinan ini mendapat dukungan penuh dari Kepala Cabang Dinas Pendidikan (KCD) Wilayah 3 diwakili Masduki yang memberikan sambutan motivasi bagi pelajar SMA/SMK se-Kota Bekasi dan sekitarnya.

Menurut Masduki, “Seorang pemimpin harus memiliki visi dan misi. Pemimpin masa depan harus kalian punyai. Pemimpin dunia, tokoh dunia, sifat yang perlu kita teladani. karakter yang kita harus tiru yaitu Nabi Muhammad SAW yang memiliki sifat Shidiq, Amanah, Fatonah dan Tabligh. Baca biografinya supaya kita terinspirasi.”

Tambahnya, ada 4C (skill) yang harus kalian punya untuk Indonesia Emas.

Pertama “Crytical Thinking” yaitu berpikir kritis, bernalar. Dunia ini banyak problem, jadi kita perlu analisa. berpikir kritis dan tidak ikut-ikutan. Bagaimana bisa menentukan dan menganalisa mana yang benar dan salah, dituntut banyak membaca agar berilmu. Seorang pemimpin harus banyak membaca.

Kedua “Communication”, Komunikasi, komunikasi penting untuk dikembangkan bagi seorang pemimpin. Kembangkan kreativitas dengan inovasi.

Ketiga “Creativity” atau kreativitas, kembangkan kreativitas dengan inovasi seiring perubahan dan kemjauan teknologi.

Keempat “Collaboration” atau kolaborasi dengan kerjasama punya kompetensi dan passion yang berbeda-beda. Untuk pemimpin perlu menggerakan, tidak bisa sendiri, berjamaah untuk mencapai tujuan.

Perlu rekan pelajar ketahui, sekolah kepemimpinan ini rutin diadakan IKOSI setiap tahunnya. Tahun ini dapat digelar kembali secara offline. SK IKOSI dengan tema “Generasi Emas untuk Indonesia yang Lebih Baik” dihadiri puluhan pelajar SMA dan SMK. Bertujuan untuk membentuk individu agar memimpin dirinya sendiri dengan baik serta mampu menjadi pemimpin bagi orang lain dengan karakter yang baik dan berwawasan luas.

Acara dimulai dengan sambutan ketua IKOSI, Rahma dari SMAN 2 Bekasi menyampaikan terima kasih atas kehadiran rekan pelajar yang hadir. Serta apresiasi kepada Kepala Cabang Dinas atas dukungan dan supportnya. SK dimulai pagi hingga siang dengan ice breaking dan pengenalan JMKB.

Seminar ini juga dimeriahkan serta didukung penuh pihak Binus University diwakili Anandia Jazzy Ajaria selaku Ketua Kampus Teach for Indonesia Student Community memberikan motivasi.

Para peserta yang hadir sangat antusias dengan motivasi dari narasumber.
Mendapatkan ilmu yang bermanfaat serta peserta aktif diberikan hadiah doorprize dari Bapak Asep Arwin Kotsara seputar kepemimpinan. Ikosi, Kota Bekasi, , JMKB ,Sekolah Kepemimpinan ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.