Shadow

Cara Bedakan Lovebird Jantan dan Betina

 

BOGOR – Lovebird merupakan salah satu burung yang populer banyak dipelihara di Tanah Air, baik untuk hewan kesayangan ataupun dibudidayakan. Lovebird atau burung cinta adalah satu burung dari sembilan jenis genus Agopornis yang punya warna cantik dan indah.

 

Selain terkenal dengan warna-warna yang cantik dan indah, burung endemik Madagaskar ini bisa untuk kontes dengan suara yang “ngekek” panjang dan juga untuk dijadikan sirkus maupun Free Fly.

 

Secara umum, burung cinta memiliki tinggi 13 sampai 17 sentimeter dengan berat sekitar 40 sampai 60 gram. Sementara umur hidup burung dengan paruh bengkok kecil ini rata-rata 10 sampai 15 tahun. Lantas bagaimana membedakan Lovebird jantan dan betina?

 

Erry Nofriansyah, seorang pecinta kicau mania mengungkapkan, terkadang bagi yang masih awam cukup sulit untuk membedakan Lovebird jantan dan betina lantaran dalam bentuk fisik burung secara kasat mata tidak bisa dibedakan. Namun, jika dengan teliti tentu ada perbedaan dalam bentuk fisik burung membedakan Lovebird jantan dan betina.

 

“Mungkin kita bisa saja mengidentifikasi kelamin jantan dari burung Lovebird melalui ciri fisiknya, seperti ukuran kepala, bentuk tubuh, ukuran tubuh, ekor, sayap, cara bertengger dan banyak lagi. Namun cara tersebut akan membuat kesulitan bagi yang masih awam,” ujarnya, Jumat (26/8).

 

Menurutnya, ada dua cara membedakan burung Lovebird jantan dan betina yang benar dan akurat. Pertama adalah tulang pubis atau biasa disebut dengan supit udang yang berada di bawah anus si burung tersebut.

 

“Jika kita raba di bagian anus biasanya tulang pubis atau supit udang mempunyai dua tulang lunak di bagian anus. Lovebird jantan biasanya mempunyai supit udang yang rapat jika diraba,” paparnya.

 

Begitu sebaliknya, Lovebird betina mempunyai tulang pubis yang lebih elastis dan jarak antara kedua tulang pubis lebih lebar dibandingkan dengan Lovebird jantan.

 

Sementara yang kedua, terang Erry, dari bentuk anus. Pada Lovebird jantan biasanya mempunyai bentuk anus yang lebih kecil dan terlihat menonjol atau lebih panjang. Sedangkan Lovebird betina, anus biasanya berbentuk lebih lebar dan terlihat lebih rata.

 

Selain itu, anus pada Lovebird jantan saat diraba akan terasa keras. Sebaliknya, anus Lovebird betina jika diraba akan terasa lebih empuk. “Untuk melihat bagian ini, basahi dulu bagian anus, kemudian buka bulu secara perlahan dan raba,” pungkas warga Kelurahan Rangga Mekar, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat itu. (Hrs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.