Shadow

Atasi Insomnia dengan 4 Cara mudah Ini

Sumber: WinNetNews

Reporter: Krisnia Rahayu

Jika kekurangan tidur akan menimbulkan masalah dalam tubuh, fungsi tubuh akan menurun, seperti melemahnya konsenterasi dan daya tahan tubuh. Kebiasaan tidur yang buruk, stres, kecemasan, gelisah, merupakan penyebab umum sulit tidur atau disebut insonia. Tak sedikit orang yang mengkonsumsi obat tidur agar bisa tidur. Namun hal ini tidak dianjurkan sebagai pertolongan pertama insomnia, karena obat ini tergolong obat keras yang diharuskan dengan resep dokter. Saat kamu kekurangan tidur karena sulit tidur atau insomnia, kamu tidak harus minum obat tidur untuk mengatasinya. Ada cara mudah yang lain untuk mengatasi insomnia sebagai berikut ini:

1. Bacalah buku
Penderita insomnia sering mengalami beberapa kali terbangun dari tidur malam dan sulitnya tidur kembali. Apabila kamu hanya terbaring di kasur dengan mata tak terpejam-pejam juga, cobalah kamu membaca buku. Selain informasi yang bisa kamu dapatkan ketika membaca, perlahan-lahan pun kamu akan bisa mengantuk dan tertidur.

2. Konsumsi kiwi
Kiwi yang kaya akan kandungan melatonin membantu kamu untuk tertidur. Jika kamu mengkonsumsi kiwi satu jam sebelum tidur selama 4 minggu maka efisiensi, kualitas dan kuantitas tidurmu akan meningkat.

3. Relaksasi

Kamu perlu mencoba teknik relaksasi ini. Dengan tubuh yang rileks akan menjadi kunci kamu tidur nyenyak. Oleh sebab itu kamu harus menghindari aktivitas yang merangsang otak untuk berpikir. Cobalah untuk bersantai, melakukan pernafasan, meditasi, dan lain sejenisnya.

4. Lebih awallah makan malam
Jika kamu terlalu banyak makan dan tidak makan 3-4 jam sebelum tidur, hal ini harus kamu ubah. Kamu harus bisa mengurangi porsi makanmu dan makan 3-4 jam sebelum tidur agar pencernaan tidak berfungsi keras saat tidur. Jika kamu banya memakan makanan berlemak, hal ini akan menyebabkan refluks atau asam lambung yang naik, ini mengganggu tidur.

Nah cara untuk mengatasi insomnia yang sudah dibahas tersebut sangat mudah bukan. Jangan terburu-buru mengambil keputusan meminum obat tidur untuk mengatasi insomnia, cobalah 4 cara mudah tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *