Shadow

Begini Cara Membuat Kue Lupis Segitiga Ala ‘Betawi Punye’

Reporter: Anne Anisa

Kue lupis cocok untuk dinikmati pada pagi hari. Berbahan dasar ketan dengan tambahan saus gula merah dan kelapa parut, kue lupis jadi menu sarapan yang bikin perut kenyang. Teksturnya yang legit bikin kamu mau gigit lagi dan lagi. Selain itu, perpaduan rasa manis dan gurihnya memang bikin nagih.

Kuliner Betawi yang sudah ada dari zaman dahulu ini biasanya berbentuk segitiga. Dimasak dengan daun pisang, aroma kue lupis jadi semakin mantap. Mulai sekarang kamu bisa bikin sendiri di rumah. Simak cara membuat kue lupis segitiga ala Betawi berikut ini.

  1. Kamu harus siapkan bahan-bahannya. Bahannya, yaitu:
  • 1 liter beras ketan
  • Daun pisang
  • Kelapa muda parut

Bahan saus gula merah:

  • ½ kg gula merah
  • ½ sendok teh perisa vanila
  • 2 lembar daun pandan (ikat)
  • 3 gelas air
  1. Cuci beras ketan hingga bersih.
  2. Bungkus beras ketan menggunakan daun pisang yang telah dibersihkan. Begini caranya:

Pertama, potong daun pisang berbentuk persegi panjang. Kedua, bentuk daun pisang seperti corong. Ketiga, isikan ¾ bagian corong dengan beras ketan. Keempat, tekan sisi depan seperti gambar untuk memadatkan isi. Kelima, lipat bagian atas ke bawah. Keenam, lipat ke belakang sisa daun yang ada di kanan dan kiri. Ketujuh, gabungkan dua lupis segitiga dengan mempertemukan sisi yang berbeda. Kedelapan, ikat dengan tali rafia.

  1. Rebus lupis selama 3 jam (cek secara berkala, jika air rebusan habis, maka kamu bisa menambahkannya). Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  2. Sambil menunggu kue lupis matang, buatlah saus gula merah. Masukan seluruh bahan ke dalam air, masak hingga larut dan mengental, saring, dan dinginkan.
  3. Sajikan lupis yang telah dikupas dengan taburan kelapa parut dan siraman saus gula merah.

Itu dia cara membuat kue lupis segitiga ala Betawi. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *