Shadow

MAN 2 Mataram Kembali Gelar PEKSI

Mataram — Organisasi Siswa Intra Madrasah (Orsima) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Mataram kembali menggelar Pekan Kreasi dan Seni (PEKSI). Ajang tahunan tingkat nasional ini dibuka Kepala Madrasah Lalu Syauki dengan memukul ‘Gendang Beleq’ (gendang besar). Bersamaan itu, dilakukan pelantikan panitia dan penyematan tanda peserta secara simbolis.
Lalu Syauki mengatakan, PEKSI tahun ini diikuti banyak peserta. Mereka berasal dari madrasah/sekolah dari berbagai daerah di Tanah Air. Panitia mencatat ada 198 peserta yang ikut ambil bagian. Mereka antara lain berasal dari SMPN 1 Kalibaru, SMPK Kolese Santo Yusuf 2 Malang, SMP 14 Pekanbaru, MTsN 3 Banyuwangi, SMPN 99 Jakarta Timur, MTsN 1 Kota Malang, SMPN 1 Jember, SMPN 1 Lumbang Probolinggo Jawa Timur, SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo, SMKN 1 Pungging Mojokerto, MAN 2 Samarinda MTsN 1 Kota Bima, MTsN 1 Mataram, SMP IT Tunas Cendikia Mataram, SMPN 2 Mataram, MTsN 3 Mataram, SMAN 6 Mataram, SMAIT Anak Sholeh Mataram, MAN 1 Mataram, MA Hamzanwadi NWDI Pancor, SMPIT Bukit Qur’an Nusantara Mataram, MAN 2 Mataram, MAN 1 Lombok Timur, MAU Mamba’ul Huda, SMAN 1 Batu kliang, SMA Negeri 6 Mataram, dan MA Hidayatullah Mataram.
“Untuk peserta jenjang Madrasah Tsanawiyah atau SMP yang memperoleh golden ticket, otomatis akan diterima sebagai siswa MAN 2 Mataram untuk tahun pelajaran mendatang,” terangnya di Mataram, Rabu (20/4/2022).
Lalu Syauki mengapresiasi keterlibatan beberapa pihak yang ikut mendukung PEKSI 2022. “Terima kasih atas perhatian dan kontribusi lembaga mitra. Terima kasih juga kepada panitia yang telah bekerja keras dan professional menginisiasi even tahunan ini,” tuturnya.
“Selamat berlomba, tetap semangat dan jaga sportivitas,” pesannya.
PEKSI 2022 digelar secara hybrid, luring dan daring. Cabang yang dilombakan antara lain esai, tahfiz, pidato bahasa Inggris, Lomba OSPOST (Orsima Photography dan Videography Contest), serta KSM pada Mata Pelajaran IPA, IPS, dan Matematika. Selain itu, dilombakan juga Senam Semaphore, LKBB, dan lomba Pertolongan Pertama.
“Khusus untuk lomba OSPOST, hanya boleh diikuti seluruh kelas X dan XI MAN 2 Mataram,” jelas Lalu Syauki.
OSPOST merupakan lomba fotograpi dan videografi yang mengusung tema tentang Kartini. OSPOST juga dibagi ke dalam sub-sub tema, yakni thumbnail terbaik, OOTD (Outfit of The Day) terbaik dan foto angel terbaik.
Ketua Panitia Anggasta Faryln Fadhillah menuturkan bahwa PEKSI Nasional bertujuan memperingati Milad MAN 2 Mataram yang ke-26, sekaligus memperingati Hari Kartini 21 April 2022. Tujuan lainnya, menjalin ukhuwah Islamiyyah antar siswa dari berbagai level dan wilayah di Indonesia.
Menurut Angga, panggilan akrabnya, panitia telah menyediakan hadiah lomba berupa uang jutaan rupiah untuk para pemenang. Ini bisa dilakukan karena kegiatan PEKSI Nasional ini didukung belasan media partner, BUMN, dan sejumlah perusahaan di Nusa Tenggara Barat. Selamat berlomba untuk semua peserta PEKSI Nasional ke-4 MAN 2 Mataram. Ekspresikan jiwa-jiwa muda kalian menjadi sesuatu yang bermanfaat dan berhasil guna. Semangat! Siti Rahmi.
(Humas MAN 2 Mataram)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.