Shadow

Forest Art, Kolaborasi Pemerintah, Seniman dan NGO Lingkungan

Riau – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar, menghadiri puncak acara Forest Art di Kota Siak, Provinsi Riau, Rabu (22/12/2021) malam. Forest Art merupakan pertunjukan seni bertema lingkungan, yang diinisiasi para seniman, dan NGO Jikalahari, Walhi Riau, Begawai Institute, EOF dan Paradigma.

‘Forest Art: Aksi Zamrud Tesso Nilo’ menampilkan berbagai pertunjukan yang dilakukan secara taping langsung dari Taman Nasional Zamrud Siak. Selain itu juga tampil pertunjukan dari Sanggar Anak Rawa, Sanggar Balairung Sri, Sanggar Benteng Hulu, dan Sanggar Anak.

”Berada di tengah penampilan seni yang sarat dengan pesan tentang lingkungan, memberi kesan dan gelombang emosi yang luar biasa. Dari acara ini saya melihat semangat kolaborasi yang tulus dari banyak pihak, untuk mengawal perlindungan lingkungan di tingkat tapak. Tentu ini sangat sejalan dengan komitmen pemerintah, karena itu KLHK mendukung kegiatan Forest Art ini masuk dalam kalender kegiatan tahunan,” kata Menteri Siti Nurbaya.

Pada kesempatan ini juga dilakukan peresmian Ruang Terbuka Hijau (RTH) Siak Lawo, yang menurut Menteri Siti menjadi salah satu RTH terbaik di Indonesia.

”Banyak hal yang bisa direplikasi dari apa yang sudah dilakukan Siak, untuk bisa dicontoh oleh daerah lainnya dalam hal penataan kawasan berbasis lingkungan,” katanya.

Dalam puncak acara Forest Art ini, Menteri Siti juga mendapatkan kejutan ucapan Hari Ibu, dalam bentuk tayangan video dan nyanyian lagu kasih Ibu yang dibawakan seniman Benie Riaw, diiringi pemberian bunga oleh anak-anak sanggar, membuat suasana menjadi penuh haru.

”Terimakasih Siak. Terimakasih Riau. Terimakasih para seniman. Terimakasih rekan-rekan NGO. Kita kerja bersama, untuk Indonesia tercinta,” kata Menteri Siti.

Kegiatan Forest Art didukung penuh Pemkab Siak. Bupati Siak Alfedri mengatakan kegiatan ini sejalan dengan semangat Siak Hijau.

”InsyaAllah Siak Hijau dalam waktu dekat akan ada Perda-nya. Ini adalah komitmen kami untuk lingkungan hidup,” kata Alfedri.

Hadir dalam kegiatan ini Wakil Gubernur Riau, Forkompimda, LAM, Sekjen KLHK dan jajaran, Wakil Bupati dan jajaran, NGO dan berbagai kelompok masyarakat. Kegiatan dilaksanakan di RTH Siak Lawo yang berada persis di tepian sungai Siak.(*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *