Shadow

Tips Kelola Website Agar Tetap Sehat dan Prima

Klikterus.com–Saat ini, teknologi semakin canggih dan akan terus berkembang. Salah satu buah dari kemajuan teknologi yang kita rasakan saat ini adalah hadirnya fasilitas bernama website. Saat ini, website bisa dimanfaatkan untuk banyak kepentingan, mulai dari bisnis online, sarana pembangun personal branding, hingga pusat informasi lembaga pemerintahan. Karenanya, website memiliki peran dan fungsi yang sangat vital dalam kehidupan di era 4.0 ini.

Dengan demikian, menjaga kesehatan sebuah website adalah hal yang sangat penting dilakukan oleh pemilik website. Seperti juga manusia, saat tidak sedang dalam kondisi sehat, maka kinerja website juga bisa menurun. Adapun yang dimaksut “sehat” dalam konteks website bisa ditinjau dari beberapa hal, diantaranya adalah trafik pengunjung yang stabil, fitur yang selalu baru dan kemudahan diakses oleh pengunjung.

Persoalannya adalah, bagaimana cara merawat kesehatan sebuah website? Anda mungkin adalah pemula dan awam terhadap dunia website. Karenanya, berikut ini kami sajikan beberapa tips sederhana untuk menjaga website Anda agar tetap dalam kondisi sehat dan prima.

  1. Manfaatkan Fitur Site Health

Bagi Anda yang menggunakan CMS WordPress, sebenarnya sudah ada fitur bawaan dari WordPress untuk menganalisa kesehatan website Anda. Caranya, pertama-tama log-in terlabih dahulu ke website Anda, kemudian di bagian dashboard pilih menu tool, lalu pilih site health. Dengan fitur ini, Anda akan diberi rekomendasi mengenai hal apa saja di website Anda yang menjadi problem dan mengganggu kesehatan situs. Hal hal yang paling umum diantaranya ialah versi WordPress, plugin, tema dan PHP yang perlu di update, dan SSL yang tidak terpasang dengan sempurna di seluruh url webite. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan fitur site health ini untuk mengecek kesehatan situs secara berkala.

  1. Melakukan Pembaruan Secara Berkala

Kemajuan teknologi bergerak cukup cepat. Hal ini membuat pengembang atau pencipta fitur-fitur pendukung website untuk selalu melakukan pembaruan. Karenanya, melakukan pembaruan secara berkala terhadap sebuah website sangatlah penting untuk menjaga performa website Anda agar tetap stabil. Pembaruan yang perlu anda lakukan diantaranya ialah dalam hal tema, plugin, versi WordPress, versi PHP terbaru dan sebagainya.

  1. Hindari Penggunaan Plugin dan Theme Nulled

Istilah nulled merujuk pada plugin atau tema website yang sudah diakali sedemikian rupa dan didistibusikan secara ilegal. Karenanya, menghindari penggunaan plugin dan tema website yang demikian merupakan suatu hal yang tidak dibenarkan. Selain melawan hukum, penggunaan plugind an tema nulled  juga mengandung berbagai resiko. Yang paling berbahaya adalah adanya malware di situs Anda. Hal ini biasanya karena plugin atau tema nulled sudah dimasukan malware oleh pembobol nya. Jadi, sebisamungkin gunakan cara yang aman, banyak pilihan tema dan plugin yang gratis dan legal untuk digunakan. Jika Anda menginginkan fitur yang lebih, Anda juga bisa menggunakan layanan berbayar dari plugin atau tema tersebut. Cara ini tentunya akan lebih aman dan minim risiko.

  1. Update Konten Secara Berkala

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan website Anda ialah dengan memperbarui konten secara berkala. Anda bisa membuat jadwal khusus untuk mempublikasikan tulisan baru di website Anda. Tentunya, semakin sering mempublikasikan tulsian baru maka hasilnya juga akan semakin bagus. Karenanya, cobalah untuk membuat list mengenai hal-hal apa saja yang akan di tulis sehingga Anda tidak kebingungan untuk menghasilkan tulisan-tulisan baru. Dan yang terpenting, sebisa mungkin gunakan tulisan yang original dan hindari plagiat untuk menjadikan kualitas tulisan Anda agar lebih baik.

Nah, itulah 4 tips seder hana yang bisa Anda aplikasikan ke dalam website Anda. Selamat Mencoba ya!

 

Reporter: M Habibur Rohman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *