Shadow

Sering Overthinking? Ini 6 Cara Mengatasinya!

Sumber: freepik.com

Reporter: Mutiara Nur Shafira Aryandhini

Apakah kamu pernah overthinking? Mungkin kamu pernah memikirkan sesuatu hingga berlarut-larut. Kemudian lupa dengan segala hal dan hanya berfokus pada hal tersebut. Nah, hal tersebut merupakan overthinking. Kamu memikirkan banyak hal, baik itu hal yang pernah terjadi di masa lalu, hingga sesuatu yang akan terjadi di masa depan.

Berbeda dengan orang yang memiliki sifat pemikir, orang yang sering overthinking memikirkan sesuatu yang tidak penting atau hal-hal sepele. Tentu saja, hal ini akan merugikan diri sendiri, karena akan lupa dengan hal-hal yang seharusnya dipikirkan.

Yang perlu diperhatikan ialah, apabila overthinking ini terus berlanjut, maka dapat menjadi kebiasaan. Setiap kamu berpikiran berlebih, kamu merenung dan menjadikan hal tersebut sebuah lingkaran, di mana tidak akan ada hentinya. Maka, lama kelamaan kebiasaan overthinking ini akan sulit untuk dihentikan.

Dikutip dari situs medium, kebiasaan overthinking dapat menimbulkan efek buruk, di antaranya:

  1. Kecemasan

Biasanya, orang yang memiliki kebiasaan overthinking, juga merupakan seorang yang memiliki kecemasan. Mereka sering kali membuat berbagai skenario di dalam pikirannya mengenai apa yang akan terjadi kedepannya, dan mereka hanya akan terpaku pada kecemasan.

  1. Depresi

Depresi merupakan efek buruk yang akan didapat apabila kamu terus-terusan berpikir mengenai apa yang terjadi di masa lalu. Kamu hanya akan terjebak dengan apa yang terjadi di masa lalu.

  1. Insomnia

Overthinking juga akan menyebabkan kamu sulit tidur. Seringkah kamu merasakan pikiran penuh ketika hendak tertidur? Hal tersebut lama kelamaan akan membuatmu sulit masuk tidur, yang akhirnya akan membuatmu terjaga sepanjang malam.

  1. Paralysis

Ketika kamu overthinking, kamu akan sulit untuk membuat keputusan. Kamu memiliki banyak pertimbangan atas apa yang akan diputuskan. Maka yang terjadi ialah kamu akan kehilangan berbagai kesempatan. Kamu dilumpuhkan oleh pikiranmu sendiri.

Meski begitu, yang perlu diingat ialah, hal ini dapat kamu atasi. Pemikiran berlebih ini tidak selamanya. Nah, selanjutnya ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan:

  1. Meditasi

Meditasi perlu kamu lakukan untuk menghilangkan segala pikiran yang mengganggumu. Ketika overthinking datang, kamu dapat berhenti sejenak, dan mengatur pernapasan. Lakukan pola pernapasan dengan teratur, dan fokus pada hal tersebut.

  1. Olahraga

Olahraga dapat menghilangkan kekhawatiran yang mengganggumu, lho. Dengan olahraga, pikiranmu akan lebih mengarah ke hal positif, dan kamu akan menjadi lebih bahagia. Tidak perlu melakukan olahraga berat, cukup yang ringan, namun dapat kamu lakukan dengan konsisten ya.

  1. Lakukan tindakan

Ini merupakan hal yang perlu kamu lakukan. Dengan sering overthinking, kamu jadi sulit melakukan sesuatu. Padahal, banyak hal yang perlu kamu lakukan. Maka dari itu, perbanyaklah tindakan, sebelum kehilangan kesempatan. Tentu saja, perlu didahului dengan pikiran yang matang. Tapi jangan berlebihan ya!

  1. Lakukan hal yang menyenangkan

Apabila overthinking datang, kamu bisa lakukan hal-hal yang menjadi hobimu, seperti bersepeda, makan, mendengarkan musik, hingga menonton film. Dengan melakukan hobimu, pikiranmu akan teralihkan, sehingga pemikiranmu akan membaik.

  1. Menulis

Ketika kepalamu dipenuhi oleh pikiran-pikiran tak beraturan, kamu bisa menulisnya di jurnalmu. Apa yang ada dipikiranmu? Apa yang memicu munculnya pikiran tersebut? Apa yang akan kamu lakukan untuk mengatasi hal tersebut? Dengan menulis, kamu dapat mengetahui cara mengatasi hal tersebut apabila pikiran yang sama muncul. Tentu saja akan mengurangi beban pikiranmu.

  1. Sadari bahwa kamu tidak dapat mengontrol semuanya

Pikiran tentang suatu hal yang berlarut-larut bisa saja karena kamu berusaha mencari cara untuk mengatasinya. Padahal, tidak semua hal bisa kamu kontrol. Sadari bahwa kamu tidak mengontrol semuanya, dan mulai berpikir mengenai hal lain yang lebih penting.

Nah, di atas sudah dijelaskan efek buruk yang akan kamu rasakan ketika terus-terusan overthinking. Maka dari itu, lakukan 6 tips di atas ya. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *