Shadow

Saudara Kembar Bumi dan Mirip Bulan, Ini Lima Fakta tentang Venus

sumber foto: nationalgeographic.grid.id

Reporter: Adelia Maulitania

Venus merupakan planet kedua setelah Merkurius yang memiliki jarak paling dekat dengan Matahari. Planet yang satu ini sering disebut-sebut sebagai saudara kembar Bumi. Hal tersebut disebabkan oleh kesamaan ukuran, gravitasi, dan komposisi antara Venus dengan Bumi.

Nah, ini lima fakta lain tentang Venus yang menarik untuk diketahui.

  1. Tampak Lebih Cerah dari Bintang Lain

Venus selalu tampak lebih cerah dari bintang lain (selain Matahari). Hal tersebut membuat Venus mudah dilihat pada siang hari dan masih terlihat pada malam hari. Oleh sebab itu, Venus dijuluki Bintang Senja dan Bintang Fajar.

  1. Banyak Gunung Berapi

Terdapat banyak gunung berapi di permukaan Venus. Jumlah gunung berapi di Venus bahkan lebih banyak daripada jumlah gunung berapi di seluruh planet di tata surya. Meskipun begitu, ilmuwan mengatakan kebanyakan gunung api itu tidak aktif.

  1. Satu Hari di Venus

Berbeda dengan sebagian planet, Venus berotasi searah dengan jarum jam. Rotasinya berlangsung setiap 243 hari Bumi yang berarti satu hari di Venus setara dengan 243 hari di Bumi. Adapun rotasi tersebut merupakan rotasi paling lambat di tata surya.

  1. Memiliki Suhu yang Tetap

Permukaan Venus yang bersifat isotermal membuat planet ini memiliki suhu yang konstan. Hal tersebut tidak hanya antara siang dan malam, tetapi juga antara khatulistiwa dan kutub-kutubnya.

  1. Memiliki Fase Seperti Bulan

Selain disebut sebagai kembaran Bumi, Venus juga ternyata mirip dengan Bulan karena fasenya. Venus memasuki fase penuh ketika berada di sisi yang berlawanan, fase seperempat yang membuatnya tampak seperti sabit tipis, dan fase baru yang merupakan kenampakan terbesar Venus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.