Shadow

Punya Youtube Tapi Sepi? Coba 5 Langkah Optimasi Ini

Sumber: Sultranow

Reporter: M Habibur Rohman

Saat ini, Youtube merupakan platform pencari yang terbesar ke dua setelah Google. Tak hanya hiburan dan ilmu pengetahuan, Youtube juga menjadi salah satu platform yang digunakan banyak orang untuk mencari informasi rujukan terkait perbandingan produk-produk yang ingin dibeli. Karenanya, tak heran jika youtube menjadi mesin pencari terbesar ke dua setelah Google.  Hal ini tentu karena banyaknya informasi bermanfaat dari berbagai sumber yang bisa diakses dengan mudah oleh pengguna di Youtube.

Tidak hanya menguntungkan dari sisi pengguna dengan ketersediaan informasi yang meilmpah, Youtube juga mendatangkan berkah dan keuntungan bagi para pembuat konten. Nah, jika kamu memiliki kanal Youtube dan ingin agar vidio-vidio yang kamu mudah ditemukan, maka kamu memerlukan beerapa tips sederhana terkait optimasi vidio di Youtube. Beberapa tips ini bsia kamu coba untuk meningkatkan jumlah tayangan vidio di kanal youtubmu loh. Apa saja tips nya? Yuk simak informasi berikut ini.

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk meningkatkan peringkat dan jumlah tayangan di konten yang kamu unggah ke Youtube, pastikan untuk melakukan riset kata kunci yang berkaitan dengan vidio kamu. Menggunakan kata kunci yang tepat dapat memudahkan algoritma Youtube untuk menampilkan vidio kamu saat pengguna melakukan pencarian dengan kata kunci tersebut. Cara menemukan kata kunci yang tepat bisa dilakukan melalui berbagai cara, salah satunya ialah dengan melakukan riset kata kunci menggunakan beberapa tools seperti Google Keyword planner (GKP), keywordtool.io, Ubersuggest, hingga Google gest dan Google Trends. Melalui beberapa tools tersebut kamu bisa mengetahui kata kunci apa yang paling digunakan untuk menelusuri atau mencari konten yang serupa dengan konten kamu di Youtube.

Kedua, setelah menemukan kata kunci yang tepat, pastikan kamu memberi nama file vidio dengan kata kunci sebelum mengunggahnya ke Youtube. Hal ini juga memudahkan algoritma Youtube dalam mendeteksi jenis konten yang kamu unggah ke Youtube, dengan demikian ketika pengguna menelusuri kata kunci yang kamu gunakan, maka vidio kamu bisa dengan mudah tampil ke hadapan pengguna.

Ketiga, tambahkan kata kunci di yang menarik di judul vidio kamu. Saat orang mencari vidio, tentu salah satu faktor yang membuat orang memutuskan untuk melakukan klik pada vidio tersebut adalah judul. Karenanya, menggunakan judul yang relevan dengan pencarian pengguna sangat lah penting. Oleh karena itu, kamu harus memasukkan kata kunci yang telah kamu riset ke dalam judul agar vidio kamu mudah ditemukan pengguna.

Keempat, sebisa mungkin tambahkan deskripsi dengan efektif. Artinya, jangan terlalu banyak memberikan deskripsi di vidio Youtube kamu. Ingatlah bahwa pengguna datang dan melakukan klik terhadap vidio kamu untuk menonton, bukan untuk membaca deskripsi yang panjang lebar.  Selain itu, jangan lupa manfaatkan fitur tag yang ada di Youtube. Gunakanlah kata kunci yang sudah kamu riset sebelumnya untuk menjadi tag dari vidio kamu.

Kelima, hal terakhir yang harus kamu lakukan adalah membuat gambar thumbnail yang menarik. Selain judul yang menarik, gambar thumbnail juga memiliki pengaruh besar pada keputusan pengguna apakah ingin menonton vidio tersebut atau tidak. Sehingga peran dan fungsinya sangatlah penting sebagai salah satu langkah optimasi vidio di Youtube.

Nah, itulah beberpa tips sederhana untuk meningkatkan peringkat vidio dan menambah jumlah tayangan di kanal youtube kamu. Perlu diingat, selain langkah optimasi di atas, tentunya membuat konten yang bagus dan berkualitas juga tidak kalah penting untuk meningkatkan jumlah jam tayang dari vidio kamu.  Selamat Mencoba ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *