Shadow

Punya Produk Baru? Coba 5 Cara Branding Ini!

Sumber: Shutterstock

Reporter: M Habibur Rohman

Brand merupakan identitas yang melekat pada nama atau institusi yang dalam hal ini adalah perusahaan Anda. Karenanya, brand merupakan suatu elemen penting dalam membangun sebuah bisnis. Hal ini terjadi karena brand bukanlah sekadar nama produk atau barang yang perusahaan Anda jual, melainkan juga citra diri  atau label yang melekat pada  nama perusahaan Anda. Oleh karena itu, persoalan brand tidak bisa dianggap enteng. Dengan memiliki brand yang kuat, maka sebuah perusahaan bisa mendapatkan benefit jangka panjang.

Masalahnya adalah, bagaimana membangun sebuah brand yang kuat dan menjadi nomor satu di benak konsumen? Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi sebuah perusahaan, khususnya yang memiliki produk dengan brand yang belum dikenal oleh calon pembeli. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk membangun brand Anda agar menjadi sebuah produk yang bernilai di benak calon pembeli.

Pertama, Anda tentu harus mengenali calon konsumen dari produk Anda. Idealnya, setiap bisnis memiliki target konsumen yang spesifik untuk mempermudah penjualan. Karenanya, sebagai langkah awal, Anda bisa menentukan gambaran awal mengenai siapa yang cocok dengan produk Anda. Pada tahapan ini, Anda bisa menentukan segmentasi pasar, misalnya dari segi usia, jenis kelamin, lokasi, habit, minat dan ketertarikan audiens. Cara ini dapat membantu Anda untuk menggali lebih dalam dan menemukan peluang-peluang baru dari segmentasi calon pembeli Anda.

Kedua, buatlah logo yang unik dan mencirikan produk atau brand Anda. Persoalan logo juga tidak bisa dianggap remeh, karena logo merupakan ikon penting yang merepresentasikan produk atau brand Anda. Karenanya, sebuah brand idealnya memiliki logo yang khas, unik, dan mudah diingat oleh calon pembeli.

Ketiga, bangun aset digital. Untuk menguatkan nama brand Anda, cobalah membangun beberapa aset digital seperti website, instagram, twitter, facebook, youtube dan sebagainya. Hal ini sangat berguna untuk memudahkan calon pembeli atau target pasar untuk menemukan dan menemukan informasi mengenai fitur dan benefit dari brand Anda.

Keempat, pilih kanal dan strategi pemasaran yang tepat. Ada banyak cara untuk memasarkan produk atau brand, salah satunya melalui digital marketing. Jika dahulu melalui televisi, saat ini digital marketing patut Anda pertimbangkan sebagai salah satu kanal untuk menciptakan brand awareness. Selain keuntungan dari segi pembiayaan yang lebih fleksibel, penggunaan digoital marketing sebagai salah satu langkah untuk menguatkan brand juga memiliki segudang benefit, diantaranya yang paling menguntungkan adalah segmentasi target pasar. Dengan digital marketing, Anda bisa menjangkau  calon pembeli dengan beragai kriteria tertentu, misalnya seperti jenis kelamin, usia, platform, perangkat, dan sebagainya, sehingga proses branding yang Anda lakukan bisa lebih efektif karena disalkukan pada calon pembeli yang tertarget.

Kelima, tingkatkan kualitas produk dan layanan yang Anda miliki. Hal ini terbuktis angat efektif untuk menciptakan sebuah brand dengan nilai yang kuat. Pasalnya, salah satu tujuan pembeli membeli produk Anda salah satunya aadalah ingin memeroleh kualitas produk dan layanan yang sesuai dengan harapan pembeli, bukan? Karenanya, menciptakan produk yang berkualitas dan diiringi dengan pelayanan yang prima dapat menjadikan brand Anda bernilai di mata pembeli.

Nah, itu tadi lima cara membangun brand yang bisa Anda coba untuk meningkatkan reputasi dan nama brand Anda. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *