Shadow

Mengenal Mindful Eating dan Penerapannya

Sumber: Freepik.com

Klikterus.com–Kamu pernah makan dan tidak merasa kenyang sedikit pun? Kemudian kamu akan menambah porsi makan tanpa menyadari sebenarnya perutmu sudah berkata cukup. Begitu pula ketika melihat banyak makanan yang tersaji, kamu pasti ingin memakan semuanya, kan? Padahal jika dilakukan terus-menerus, hal ini bisa menyebabkan kenaikan berat badan lho.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa lakukan mindful eating. Mindful Eating merupakan keadaan ketika kamu makan dalam kesadaran penuh. Setiap manusia membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk merasa kenyang, namun jika kamu makan terlalu cepat, kamu tidak akan merasa kenyang sehingga kamu akan makan dalam porsi berlebih. Hal yang bisa kamu lakukan ialah dengan mindful eating, yaitu dengan memperhatikan apa saja yang kamu makan, bentuk makanan tersebut, emosi yang kamu rasakan ketika makan, dan sebagainya.

Perlu diketahui, banyak ahli yang berpendapat bahwa mindful eating dapat membantumu dalam menurunkan berat badan. Penelitian mengatakan bahwa makan lebih lambat dapat membantumu menangani masalah berat badan dan menjauhkanmu dari makanan yang kurang sehat. Selanjutnya, mindful eating juga dapat digunakan untuk mengatasi binge eating, yaitu episode konsumsi eksesif dan tidak terkontrol.

Berikut ini merupakan cara-cara yang dapat kamu lakukan untuk menerapkan mindful eating:

  1. Makan dengan perlahan dan berhenti ketika sudah merasa kenyang. Jika kita makan dengan perlahan, tubuh akan memproses makanan dan memberikan sinyal kenyang setelah 20 menit. Kunyah makanan hingga benar-benar lembut sebelum menelannya.
  2. Makan hanya pada saat benar-benar merasa lapar. Jangan makan hanya karena ingin. Perhatikan tanda-tanda pada tubuhmu, seperti perut yang berbunyi, hingga tubuh yang terasa lemas. Tanyakan pada diri sendiri, apakah keinginan makan ini dikarenakan tubuh yang berbicara, atau hanya emosi semata?
  3. Nikmati makanan dan rasakan. Gunakan indera perasamu. Identifikasi bahan-bahan yang terdapat pada makanan tersebut. Bagaimana rasanya? Bagaimana baunya? Juga tanyakan pada diri sendiri bagaimana perasaanmu ketika makan. Apakah kamu merasa bahagia, stres, atau kecewa? Pikirkan bagaimana makanan tersebut mempengaruhi pikiran dan emosimu.
  4. Konsumsi makanan sehat. Terkadang kita bingung apa yang harus kita makan. Apakah makanan favoritmu atau makanan yang benar-benar menyehatkan. Tetapi, ketika kita melakukan mindful eating, makanan yang kita pilih haruslah makanan sehat. Dengan begitu, lama-lama kita akan terbiasa dengan makanan sehat.
  5. Ketika makan, jangan lakukan kegiatan lain. Multitasking terkadang diperlukan dalam melakukan pekerjaan. Namun, ketika makan, jangan lakukan hal tersebut. Karena ketika kita sambil melakukan hal lain, kita akan mengabaikan sinyal cukup dari tubuh.

Jika kamu memiliki keinginan untuk diet atau mengurangi berat badan, atau kamu ingin melakukan pola hidup yang sehat, kamu bisa lakukan mindful eating lhoo. Selamat mencoba!

 

Reporter: Mutiara Nur Shafira Aryandhini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *