Shadow

Memiliki Dataran Tertinggi dan Terendah di Tata Surya, Ini Lima Fakta tentang Mars

sumber foto: nationalgeographic.grid.id

Reporter: Adelia Maulitania

Mars merupakan planet urutan keempat yang paling dekat dengan Matahari. Julukan planet merah yang dimiliki planet ini berasal dari warna kemerahan planet ini ketika dilihat dari Bumi. Warna merah tersebut berasal dari warna permukaan Mars yang dilapisi debu besi oksida yang lebih dikenal dengan nama hematit.

Nah, setelah mengetahui cuplikan fakta di atas. Simak lima fakta tentang Mars yang menarik untuk diketahui!

  1. Tudung Es Kutub

Planet merah ini memilliki dua tudung es kutub. Tudung es ini terdiri dari es air. Di kutub utara, karbon dioksida beku akan melapisinya setebal satu meter pada musim dingin. Sementara itu, di kutub selatan, tudung es kering ini bersifat permanen dengan ketebalan 8 m.

  1. Memilliki Ribuan Kawah

Terdapat sekitar 43.000 kawah yang rata-rata berdiameter 5 km atau lebih besar. Kawah yang terbesar ialah Kawah Hellas. Kawah ini terbentuk akibat tubrukan yang berada di belahan selatan Mars. Selain itu, tubrukan yang membentuk kawah ini merupakan tubrukan terbesar kedua atau ketiga di tata surya.

  1. Karbondioksida sebagai Komposisi Udaranya

Mars memiliki suhu udara dan tekanan udara yang cukup rendah. Selain itu, komposisi udaranya sebagian besar merupakan karbondioksida. Oleh karena itu, manusia perlu menggunakan alat bantu pernapasan apabila mengunjungi planet ini.

  1. Punya Gunung Tertinggi

Gunung berapi tertinggi di tata surya terletak di Mars. Gunung tersebut bernama Olympus Mons, setinggi 21 km, dan berdiameter lebih dari 600 km.

  1. Lembah Terbesar di Tata Surya

Mars juga memiliki lembah terbesar sekaligus paling dalam di tata surya, yaitu Valles Marineris. Panjangnya sekitar 4.000 km, lebar sekitar 200 km, dan kedalaman sekitar 7 km. Banyak ilmuwan berpendapat bahwa lembah ini merupakan retakan tektonik besar di kerak Mars.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *