Shadow

Kamu Mengalami Burnout? Lakukan 4 Tips Ini!

Sumber: freepik.com

Reporter: Mutiara Nur Shafira Aryandhini

Bagi para pekerja, mungkin setumpuk tugas dari kantor dapat menghabiskan waktu serta tenaga. Ditambah lagi dengan kondisi pandemi saat ini yang belum selesai, membuat siapapun tidak bebas untuk keluar berlibur. Kemudian muncul stres akibat pekerjaan yang tak kunjung selesai. Jika kamu sudah mengalami kelelahan yang terus-menerus, kinerja yang menurun, sakit kepala, hingga menurunnya semangat bekerja, mungkin kamu mengalami burnout.

Dilansir dari situs WHO, burnout merupakan sebuah sindrom berupa stres kronis yang diakibatkan oleh situasi pekerjaan yang belum dapat dikendalikan. Gejala umum yang dapat dirasakan apabila mengalami burnout, yaitu:

  1. Kekurangan energi atau kelelahan. Apabila kamu mengalami burnout, mungkin kamu akan merasakan kelelahan yang berlebihan dalam mengerjakan sesuatu. Hal ini termasuk apabila mengerjakan sesuatu yang sebenarnya mudah untuk dikerjakan.
  2. Mengasingkan diri dari rekan kerja atau dipenuhi suasana negatif. Jika burnout melanda, mungkin kamu akan menghindari teman-teman kantormu. Ketika di kantor, perasaanmu dipenuhi oleh perasaan negatif hingga tidak berminat untuk melakukan pekerjaan.
  3. Kinerja menurun. Karena dirimu dipenuhi oleh perasaan negatif, kamu akan mengalami penurunan kinerja. Hal ini karena semangatmu yang menurun dan tubuhmu yang terasa lelah terus-menerus.

Selain gejala umum di atas, burnout juga memperlihatkan gejala-gejala lain, seperti:

  1. Perubahan kondisi fisik, seperti sakit kepala, tubuh terasa lemas, perubahan pola makan, hingga adanya gangguan tidur.
  2. Perubahan emosional, seperti merasa gagal, kelelahan secara emosional, penurunan motivasi bekerja, hingga lebih sensitif.
  3. Perubahan perilaku, seperti menghabiskan waktu lebih sedikit di kantor, menunda pekerjaan, hingga menjauh dari rekan kerja.

Apabila kamu mengalami gejala-gejala seperti di atas, ada beberapa langkah cepat yang dapat kamu lakukan. Pertama, berhenti dari segala pekerjaan yang sedang kamu lakukan. Lakukan meditasi ringan dengan atur pernapasan. Selanjutnya kamu bisa lakukan kegiatan favoritmu, seperti mendengarkan lagu, makan makanan kesukaan, berjalan-jalan menghirup udara segar, hingga tidur sejenak.

Namun, apabila masih belum berhasil meredakan burnout tersebut, kamu bisa lakukan tips berikut:

  1. Olahraga. Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa olahraga dapat menurunkan stres. Hal ini dikarenakan olahraga meningkatkan hormon serotonin dan endorfin yang berarti juga meningkatkan kadar bahagia seseorang. Dengan melakukan olahraga, dapat membuat tubuh merasa rileks dan bahagia.
  2. Luangkan waktu untuk pelajari bidang yang kamu sukai. Biasanya, apabila melakukan hobi atau apapun yang kamu sukai, dirimu akan menjadi lebih bahagia dan menjalaninya tanpa perasaan stres. Apabila burnout melanda, kamu bisa mendalami apa yang menjadi hobimu untuk melepaskan stres.
  3. Travelling. Pergi ke berbagai tempat dapat menjadi salah satu alternatif untuk meredakan burnout-mu. Dengan melihat berbagai tempat baru, kamu akan mendapatkan pikiran yang segar dan menghilangkan emosimu yang kelelahan.
  4. Me-time. Kamu bisa melakukan apapun yang kamu inginkan dengan memberi waktu untuk dirimu sendiri. Bisa dimulai dari bermain game, menonton film, berbelanja, hingga mencoba segala hal baru untukmu.

Nah, apabila kamu mengalami burnout sekarang kamu dapat melakukan tips-tips di atas ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *