Shadow

Ini Lima Fakta Jupiter, Planet yang Juga Punya Fenomena Aurora

sumber foto: theatlantic.com

Reporter: Adelia Maulitania

Jupiter biasa dikenal sebagai planet terbesar di tata surya. Jupiter merupakan raksasa gas yang memiliki ribuan badai di atmosfernya. Besar planet ini jika dibandingkan dengan Bumi, maka diameternya setara dengan 122 Bumi dan volumenya setara dengan 1.300 Bumi.

Nah, setelah mengetahui sedikit fakta Jupiter di atas. Simak lima fakta lain tentang Jupiter!

  1. Dapat Dilihat dari Bumi

Jupiter merupakan objek tercerah keempat di langit Bumi setelah Matahari, Bulan, dan Venus. Jupiter bahkan lebih terang dari bintang paling terang di langit malam, Sirius. Oleh karena itu, planet gas ini dapat diamati dengan mata telanjang dari Bumi. Biasanya, planet ini akan tampak seperti bintang kuning terang yang tidak berkelap-kelip.

  1. Cincin Jupiter

Sama seperti Saturnus, Jupiter juga memiliki cincin. Cincinnya terdiri dari tiga bagian, yaitu cincin halo, cincin utama, dan cincin gossamer. Cincin-cincin tersebut diperkirakan terbuat dari debu, sedangkan cincin Saturnus terbuat dari es.

  1. Pelindung Tata Surya

Planet ini merupakan planet yang paling sering ditubruk oleh komet. Disebutkan juga bahwa planet ini merupakan pelindung sistem tata surya dalam dari komet, karena gravitasinya yang besar dan terletak di dekat tata surya dalam.

  1. Rotasi Tercepat

Rotasi merupakan perputaran benda pada poros atau sumbunya. Rotasi Jupiter merupakan yang tercepat di antara planet lain di tata surya. Jupiter hanya perlu waktu selama sepuluh menit untuk menyelesaikan rotasinya.

  1. Fenomena Aurora di Jupiter

Aurora tidak hanya muncul di Bumi, namun juga di Jupiter. Aurora di planet ini bahkan 1.000 kali lipat lebih terang daripada yang di Bumi. Aurora di Jupiter dapat terbentuk ketika gunung berapi di salah satu satelit alami terbesar Jupiter meletus. Letusan tersebut akan memuntahkan partikel bermuatan listrik yang akan muncul sebagai pendaran cahaya aurora.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *