Shadow

Ini Dia Cara Mudah Atasi Rasa Malas

sumber: faktualnews

Reporter: Anne Anisa

Apakah saat ini Anda sedang dilanda rasa malas? Adalah hal yang wajar jika manusia pernah dilanda rasa malas. Namun, beberapa orang yang malas bisa saja tidak menyadari bahwa dirinya adalah seorang pemalas. Sehingga Ia terus terbuai dengan rasa malasnya itu.

Padahal rasa malas bisa menghambat aktivitas kita, lho. Semakin kita terbawa dengan rasa malas, maka semakin rendah juga tingkat produktivitas hidup.

Anthony Robins, seorang motivator dunia pernah mengatakan bahwa “manusia akan bergerak maju apabila ada dua poin”. Kedua poin tersebut adalah gain pleasure dan avoid pain. Menurutnya, seseorang akan bergerak maju apabila ada sesuatu yang mendorongnya dan ketika seseorang menghindari rasa sakit atau hukuman. Ketika dua poin tersebut tidak dimiliki oleh seseorang, maka besar kemungkinan bahwa seseorang itu sudah dihinggapi rasa malas.

Lalu bagaimana cara mengatasi rasa malas? Simak tips emngatasi rasa malas berikut ini, ya.

  1. Buat target yang jelas

Dengan membuat target (goals) yang jelas, Anda bisa keluar dari kungkungan rasa malas. Misalnya, Anda memberikan target dalam setahun ke depan untuk membeli mobil. Oleh karena adanya target yang jelas ini, Anda akan berjuang sedemikian keras untuk bisa mempunyai mobil. Dengan begitu, Anda tidak punya waktu untuk bermalas-malasan.

Contoh lain yaitu menargetkan diri Anda untuk bangun pagi, padahal biasanya Anda bangun jam 10 pagi. Tetapi karena ada tujuan untuk berangkat berlibur dengan menggunakan pesawat, maka Anda sudah mengatur dengan jelas. “Besok saya harus bangun jam 5 pagi agar tidak ketinggalan pesawat”. Kemudian, keinginan tersebut ditangkap oleh sistem kerja otak Anda dengan target yang jelas.

  1. Buat hukuman (punishment)

Pada zaman sekolah, seorang guru memberikan PR kepada muridnya. Jika murid tidak mengerjakannya, maka guru akan memberikan hukuman padanya. Maka, siswa akan menuruti perintah gurunya untuk mengerjakan PR.

Contoh lain, pada saat Anda sudah tamat sekolah. Anda harus tetap punya goals misalnya mencari pekerjaan. Anda bisa menerapkan punishment seperti “Kalau saya tidak bekerja, saya tidak makan atau saya tidak bisa membeli apapun.” Dengan begitu, apapun akan Anda lakukan untuk bisa bekerja.

  1. Buat reward

Seseorang akan tergerak melakukan sesuatu apabila ada hadiah (reward). Misalnya, dengan target bekerja selama kurun waktu tertentu Anda akan mendapatkan penghasilan sekian. Kemudian, dari hasil itu Anda pastikan bisa membeli sesuatu yang menyenangkan bagi Anda. Dengan begitu, Anda akan mau terus bergerak.

Itulah cara mudah mengatasi rasa malas. Ingat-ingat pepatah “rajin pangkal kaya”. Malas tidak membuat kita kaya. Semoga berhasil mengatasi rasa malas dengan tips di atas, ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *