Shadow

Deretan Hewan Dengan Masa Hidup Terlama

Reporter: Nurfitri Okinawa

Jika manusia pada umumnya hanya meliki rentang usia 60 hingga 70 tahun, lain halnya dengan hewan. Beberapa jenis hewan memiliki masa hidup yang lebih panjang dari manusia. Bahkan terdapat jenis hewan yang secara biologis dikatakan abadi dikarenakan siklus hidupnya.

Umumnya jenis hewan yang berusia lebih lama daripada manusia tidak termasuk kedalam jenis hewan yang dapat dipelihara. Seperti kucing maupun anjing yang memilki usia lebih pendek daripada manusia. Adapun jenis hewan yang memilki rentang usia lebih panjang adalah sebagai berikut.

Ubur-Ubur Abadi

sumber: wikipedia

Sama seperti namanya, ubur-ubur ini dapat dikatakan tidak akan pernah mati. Hal ini disebabkan oleh siklus hidupnya. Namun hewan tetap akan mati jika diserang oleh predatornya

Ocean Quahog

sumber: wikipedia

Jenis kerang yang dapat dikonsumsi ini memiliki rentang hidup hingga 400 tahun lebih. Bahkan tercatat dalam sejarah terdapat quahog yang hidup hingga usia 507. Kerang tersebut diberi nama Ming.

Hiu Greenland

sumber: wikipedia

Memasuki usia dewasa pada usia 150 tahun, jenis hiu ini dapat mencapai usia maksimum hingga 400 tahun. Hiu jenis ini bertumbuh 1 cm setiap tahunnya.

Kura-kura Raksasa Galapagos

 

Tercatat usia tertua dari jenis kura-kura ini mencapai 152 tahun. Pada kenyataannya kura-kura raksasa Galapagos mampe mencapai usia hingga ratusan tahun.

Ikan Koi

sumber: wikipedia

Sering menjadi pilihan hewan yang dijadikan peliharaan, jenis ikan ini mampu mencapai usia 50 tahun. Namun terdapat salah satu ikan dari jenis ini yang hidup hingga 226 tahun lamanya. Ikan koi bernama Hanako ini tercatat sebagai ikan koi dengan umur terpanjang sepanjang sejarah.

Kerang Mutiara Air Tawar

sumber: originalmutiara.com

Memliki pertumbuhan yang lambat menjadi salah satu faktor panjang usia dari hewan ini. Pada umumnya rentang usia kerang jenis ini berada diangka 80-100 tahun. Faktor lainnya yang berpengaruh terhadap lama hidup hewan ini terletak pada lingkungan hidupnya. Kerang mutiara air tawar tertua yang pernah tercatat berusia hingga 280 tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *