Shadow

Cara Agar Penyimpanan Internal HP Tidak Penuh

Sumber gambar: pricebook.co.id

Reporter: Krisnia Rahayu

Terkadang penyimpanan internal HP penuh meskipun file-file yang tidak terlalu banyak. Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal seperti file cache yang jarang dibersihkan, file-file video, dokumen, foto tanpa sadar terunduh secara otomatis atau banyaknya terinstal aplikasi. Untuk mengatasi penyimpanan HP yang penuh ada beberapa cara seperti berikut ini:

1. Hapus cache aplikasi
Ketika menggunakan aplikasi sampah cache akan tersimpan. Saat kita menggunakan aplikasi, data-tada tertentu akan tersimpan, inilah yang kita sebut cache. Bisa saja cache menyimpan ratusan MB dalam satu aplikasi. Cache tidak terlihat di memori internal sehingga tidak bisa dihapus. Agar bisa mengatasi ini ikuti langkah berikut ini:
“buka ‘setting’, pilih ‘penyimpanan’, pilih ‘data dalam cache’, klik itu, sampahpun otomatis terhapus.”

2. Cek data aplikasi perpesanan
Saat kita menggunakan aplikasi perpesanan, tanpa disadari kita pernah secara otomatis mengunduh foto, video, dokumen, dan yang lainnya yang tidak disadari pula keberadaannya. Semakin lama hal ini terjadi maka semakin memenuhi penyimpanan di HP. Maka dari itu, periksalah aplikasi perpesanan melalui file manager. Caranya:
“masuk file manager, masuklah ke folder aplikasi yang akan dihapus, hapuslah file-file yang tidak perlu atau tidak dibutuhkan.”

3. Hapuslah aplikasi tidak penting
Sebaiknya kamu menghapus aplikasi-palikasi yang tidak penting atau yang sudah tidak kamu gunkan. Biasanya aplikasi yang memerlukan penyimpanan banyak yaitu aplikasi game. Jika kamu suka mendownload aplikasi game lalu kamu sudah tidak menggunkan aplikasi game yang kamu donload, sebaiknya hapuslah aplikasi game yang sudah tidak kamu gunakan itu. Caranya:
“uninstalah aplikasi tersebut.”

Nah sudah tahu kan cara untuk mengatasi penyimpanan internal yang penuh. Cobalah cara ini agar penyimpanan internal HP tidak penuh. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *