Shadow

Belum Coba Email Marketing? 4 Manfaat Ini Bisa Bikin Kamu Berubah Pikiran

Sumber: Infodigimarket

Reporter: M Habibur Rohman

Pernahkah kamu mendengar istilah email marketing? Saat ini, pemasaran melalui surat elektronik menjadi salah satu pilihan strategi untuk menjalankan bisnis online dan meningkatkan penjualan.  Apa itu email marketing? Secara sederhana, email marketing adalah upaya mengirimkan pesan kepada pelanggan dengan layanan email. Adapun pesan yang dikirimkan kepada pelanggan bisa bermacam-macam, misalnya untuk menginformasikan mengenai promo terbaru, jadwal launching produk, diskon, atau bahkan sekedar  say hi kepada pelanggan. Email marketing bukanlah suatu kegiatan spam, karena informasi yang dikirim tentunya merupakan informasi yang bermanfaat bagi pelanggan.  Saat ini email marketing telah banyak digunakan oleh berbagai perusahaan dan menjadi salah satu strategi andalan untuk menjangkau konsumen.

Sebenarnya, apa sih benefit yang kita peroleh jika menggunakan layanan email marketing? Jika bicara mengenai benefit, tentunya setiap orang memiliki goal yang berbeda-beda dan benefit yang diharapkan berbeda pula. Namun, yang jelas ada banyak benefit yang bisa kamu peroleh ketika memanfaatkan strategi email marketing ini.  Apa saja manfaatnya? Yuk simak informasi berikut ini.

Pertama, salah satu keunggulan email marketing adalah sifatnya yang personal.  Hal ini karena kamu bisa menyapa konsumen dengan nama mereka, sehingga menciptakan kesan personal.  Keunggulan ini membuat pelanggan akan merasa lebih diperhatikan, karenanya  email marketing sangat ampuh digunakans ebagai strategi pemasaran sebab pe;anggan akan merasa lebih nyaman menerima email sehingga kita bisa dengan mudah memberikan penawaran.

Kedua, email marketing lebih hemat biaya. Jika membicarakan soal cost, tentunya email marketing jauh lebih murah daripada mengirimkan pesan secara langsung melalui pos. Selain itu, jika ditinjau dari proses mendatangkan pelanggan yang tertarget,  email marketing  juga jauh lebih murah daripada melakukan pemasaran dengan menggunakan iklan berbayar seperti Google Ads, Facebook dan Instagram Ads.  Namun, tentunya hasil yang diperoleh akan lebih maksimal apabila semua layanan tersebut dikombinasikan.

Ketiga, kemudahan untuk kustomisasi isi pesan yang akan dikirim melaui surel.  Jika kamu menggunakan aplikasi yang menyediakan layanan email marketing, kamu bisa dengan mudah mengkustomisasi isi pesan yang akan dikirim. Misalnya, nama, produk, jumlah order, spesifikasi dan sebagainya. Hal ini membuat email yang diterima pelanggan akan terasa lebih personal.

Keempat, cepat dan praktis. Dibandingkan mengirim brosur atau poster melalui Pos, tentunya waktu yang dibutuhakn untuk menyampaikan informasi dengan email marketing bisa lebih cepat.  Hal ini sangat memudahkan kamu ketika ingin mengirimkan informasi ke pelanggan.

Nah, itulah beberapa manfaat dari email marketing. Sebelum menggunakan layanan ini, tentunya kamu harus memastikan punya database alamat email pelanggan dengan jumlah yang banyak ya. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *