Shadow

Belanja dengan Sistem COD? Ini  Kelebihan dan Kekurangannya

Sumber: Medium

Reporter: M Habibur Rohman

Bagi kamu yang sering malakukan pembelian barang secora online, tent sudah tidak asing lagi dengan istilah cash on delivery (COD) bukan?. Sistem pembayaran COD belakangan ini menjadi populär karena banyak benefit yang didapatkan konsumen, diantaranya yaitu ialah dalam hal keamanan. Maraknya penipuan dalam jual beli online membuat banyak orang menjadi khawatir untuk melakukan transaksi jual beli online. Karenanya, sistem COD merupakan pilihan yang tepat karena pembeli bisa langsung melakukan pembayaran secara tunas saat pesanan tiba. Selain itu, sistem COD ini dinilai lebih praktis karena sangat bermanfaat bagi mereka yang belum memiliki rekening sekalipun.

COD atau cash on delivery merupakan sebuah layanan sistem pembayaran yang memunginkan penerima melakukan transaksi saat pesanan tiba di alamat. Dengan kata lain, pejual akan mengirimkan pesanan melalui ekspedisi, kamudian ketika pesanan sudah sampai ke alamat, pembeli memiliki kewajiban melunasi pembayaran sesuai nominal yang telah disepakati.

Banyaknya peminat sistem pembayaran COD membuat pebisnis yang memasarkan produknya secara online menjadikan COD sebagai salah satu strategi untuk menggaet lebih banyak pembeli. Sayangnya, strategi pembayaran COD ini memiliki nilai plus dan minus bagi penjual.  Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan sistem pembayaran COD.

Kelebihan

Dari sisi pembeli, kelebihan sistem COD terletak pada jaminan keamanan yang diperoleh, sehingga pembeli yang ingin melakukan pemesanan barana secara online tidak perlu khawatir dengan penipuan.. Selain itu, sistem pembayaran ini sangat mudah bahkan bisa dilakukan oleh setiap orang tapa haros memiliki rekening di Bank. Selain itu, dari segi penjual, keuntungan sistem pembayaran COD antara lain adalah, mendatangkan pembeli lebi banyak. Kemudahan sistem pembayaran membuat konsumen merasa dimudahkan dalam melakukan transaksi. Selain itu, reputasi dan kepercayaan toko bisa meningkat karena pembeli tidak perlu khawatir dengan penipuan.

Kekurangan

Meski dipercaya memiliki banyan kenggulan, salah satunya dari segi keamanan yang terjamin, sistem pembayaran COD juga tidak terlepas dari berbagai kekurangan. Nilai minus ini lebih banyak ditemui dari sisi penjual. Berikut ini adalar beberapa kekurangan sistem pembayaran COD.

Pertama, cashflow menjadi macet.  Dalam bisnis, perputaran uang sangatlah penting, namun dengan adanya sistem pembayaran COD, perputaran yang yang ada di kas penjual menjadi lebi lambat karena pemasukan dapat diperoleh setelah transaksi selesai. Artinya, penjual harus menunggu barang sampai ke konsumen terlebih dahulu agar keuntungan penjualan bisa masuk ke rekening penjual.  Karenanya, penggunaan sistem pembayaran COD dapat memberikan dampak yang berisiko pada bisnis jika tidak diiringi dengan cadangan kas yang cukup.

Kedua, penjual harus siap dengan pembatalan transaksi secara sepihak oleh pembeli. Seringkali, saat melakukan pemesanan pembeli membatalkan secara sepihak dengan berbagai alasan. Konsekuensinya, penjual harus menanggung biaya kirim dua kali lipat. Jika sudah demikian, bukan hanya kerugian biaya kirim yang ditanggung penjual, melainkan juga risiko kerusakan barang karena terlalu lama di perjalanan.

Ketiga, jangkauan wilayah yang terbatas. Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki sistem pembayaran COD, sayangnya tidak diiringi dengan jangkauan yang luas dan merata di semua wilayah. Hal ini diakibatkan oleh berbagai hal, seperti kondisi alam dan keamanan. Keterbatasan jangkauan wilayah ini membuat kemudahan transaksi COD tidak bisa dirasakan oleh semua konsumen.

Nah, itulah sekilas informasi mengenai seluk beluk sistem pembayaran COD. Sistem ini tentunya sangat cocok buat kamu yang pernah mengalami penipuan jual beli online, karena COD akan memberikan pengalaman berbelanja yang lebih nyaman dan aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *