Shadow

Alami Fenomena Badai Seukuran Bumi, Ini Lima Fakta tentang Neptunus

sumber foto: wired.com

Reporter: Adelia Maulitania

Neptunus merupakan planet terjauh dari Matahari. Planet ini merupakan planet terbesar keempat berdasarkan diameter dan ketiga berdasarkan massa. Massa Neptunus diketahui 17 kali lebih besar dari massa Bumi.

Nah, simak lima fakta lain tentang Neptunus di bawah ini!

  1. Termasuk Raksasa Es Bersama Uranus

Sama dengan Uranus, Neptunus sering dikategorikan sebagai raksasa es untuk membedakannya dengan raksasa gas, Jupiter dan Uranus. Interior Neptunus tersusun dari es dan batu. Warna kebiruan Neptunus disebabkan oleh metana yang terdapat di wilayah terluar planet ini.

  1. Sistem Cincin yang Tipis

Neptunus juga memiliki sistem cincin seperti tiga planet raksasa lainnya. Namun, sistem cincin Neptunus sangat tipis dan kurang kukuh bila dibandingkan dengan cincin Saturnus. Cincin Neptunus terdiri dari partikel es yang diselubungi silikat atau karbon yang memberinya warna merah pada cincin.

  1. Mengalami Rotasi Diferensial

Bentuk Neptunus yang tidak padat membuatnya mengalami rotasi diferensial. Rotasi diferensial ini merupakan rotasi terbalik dari rotasi pada umumnya. Zona khatulistiwa Neptunus berotasi selama 18 jam, sedangkan di kawasan kutub berlangsung selama 12 jam. Rotasi diferensial planet ini merupakan yang paling menarik daripada planet lain di tata surya.

  1. Memiliki Gravitasi Terkuat

Neptunus merupakan planet kedua yang memiliki gravitasi terkuat setelah Jupiter. Dengan gravitasi yang kuat ini, Neptunus sering membuat orbit Uranus berantakan dengan menariknya untuk mendekat. Selain itu, satelit alami Neptunus, yaitu Triton, juga merupakan hasil dari penarikannya sendiri.

  1. Fenomena Badai Seukuran Bumi

Ada dua titik gelap di permukaan Neptunus yang rupanya merupakan badai besar yang terjadi di Neptunus. Salah satu badainya berukuran sama dengan Bumi dan memiliki angin tercepat di tata surya, yaitu dapat mencapai 2.000 km/jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *