Shadow

8 Metode Self Care, untuk Tubuh dan Jiwa yang Sehat

Sumber: freepik.com

Reporter: Mutiara Nur Shafira Aryandhini

Terkadang kita mementingkan orang lain dibanding diri sendiri. Merasa tidak enakan apabila tidak membantu orang lain. Selain itu, kita memiliki rutinitas bekerja maupun sekolah hingga lupa dengan kebutuhan diri sendiri. Lalu, apabila kita mulai memikirkan diri sendiri, ada perasaan tidak enak telah menjadi egois. Padahal, memikirkan diri sendiri bukan egois lho.

Self care merupakan tindakan memajakan diri untuk menghilangkan stres, membantu menenangkan diri, hingga meningkatkan self esteem. Terdapat banyak cara yang dapat dilakukan untuk self care itu sendiri. Namun, ada beberapa metode sederhana yang dapat kamu lakukan lho. Berikut 8 metode self care sederhana untuk tubuh dan jiwa yang sehat:

  1. Meditasi

Meditasi merupakan kegiatan melatih fokus pikian sehingga memiliki pandangan yang lebih baik terhadap suatu kondisi agar tetap merasa tenang. Meditasi dilakukan dengan duduk tenang dan mengatur pernapasan secara teratur dan perlahan.

Meditasi dapat kamu lakukan ketika emosi terasa naik turun dan munculnya stres karena pekerjaan. Dengan melakukan meditasi, kamu akan mendapatkan beragam manfaat seperti ketenangan jiwa sehingga emosi dan kesehatan tubuh dapat lebih stabil.

  1. Lakukan hobimu

Melakukan kegiatan berupa hobimu seperti menonton film, mendengarkan musik, jalan-jalan, hingga memasak, dapat mengurangi stres akibat pekerjaan maupun tugas-tugas sekolah. Metode self care ini dapat membuatmu lebih bahagia dan dapat menghadapi pekerjaan lain yang menunggumu dengan perasaan tenang.

  1. Mengurangi penggunaan handphone

Penggunaan ponsel seperti sosial media dapat membuat mental kita mudah lelah. Mengurangi penggunaan ponsel dapat memberi waktu mental kita bernapas dan tidak mudah stres. Ketika sedang ingin melakukan kegiatan self care, lebih baik kita menonaktifkan ponsel dan lakukan kegiatan yang kamu inginkan.

  1. Body care

Memanjakan diri dengan melakukan relaksasi pijat, creambath, hingga merawat tubuh tidak ada salahnya lho. Kamu juga perlu untuk memperhatikan tubuhmu di tengah-tengah waktu padatmu.

  1. Menjalani hidup sehat

Salah satu cara untuk peduli pada diri sendiri ialah dengan menjalani hidup sehat seperti olahraga teratur, istirahat yang cukup, hingga konsumsi makanan sehat dapat membuat tubuh dan jiwamu lebih sehat.

  1. Bertemu teman

Di tengah kegiatan yang padat yang dipenuhi pekerjaan, mungkin kamu butuh beristirahat dengan menjalin hubungan kembali dengan teman-temanmu. Tidak perlu bertemu dengan banyak orang, cukup orang terdekatmu. Hal ini dapat menciptakan kehidupan sosial yang optimal.

  1. Tersenyum

Tidak perlu kegiatan yang menyulitkan untuk kamu lakukan sebagai kegiatan self care-mu. Kamu bisa lakukan kegiatan sederhana yang dapat membuatmu tersenyum. Hal ini tentu membuatmu lebih bahagia dan dapat menjadikan jiwamu lebih sehat.

  1. Istirahat yang cukup

Istirahat berupa tidur dapat memiliki efek yang besar bagi jiwa maupun tubuhmu. Bukan saja dapat memberikan tubuh yang sehat, juga dapat mengurangi stres maupun gangguan lainnya. Kamu dapat mengurangi kegiatan di malam hari, terutama penggunaan alat elektronik seperti ponsel maupun televisi. Tetapkan jadwal tidur dan bangun agar tidurmu terasa cukup sehingga memiliki dampak menenangkan diri setelah kegiatan yang kamu jalani di siang hari.

Nah, di atas merupakan cara sederhana yang dapat kamu lakukan agar tubuh dan jiwamu lebih sehat. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *