Shadow

7 Cara Efektif Menghemat Uang Belanja

sumber: inibaru.id

Reporter: Anne Anisa

Pengelolaan keuangan merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Dari pengelolaan yang efektif, uang bulanan akan tersisa lebih banyak.

Berikut 7 cara efektif menghemat uang belanja:

  1. Membuat daftar belanja

Daftar belanja yang dibuat akan memudahkan kamu untuk mengingat barang apa saja yang harus dibeli. Dengan begitu, kamu bisa menghindari pemborosan saat belanja.

  1. Membuat daftar menu masakan selama sebulan

Dengan memiliki daftar menu makanan sebulan, kamu bisa menghindari belanja kebutuhan yang tidak dibutuhkan. Hal itu karena kamu sudah tahu pasti bahan apa saja yang dibutuhkan untuk memasak. Selain itu, kamu juga bisa mengira-ngira berapa jumlah yang dibutuhkan.

  1. Pilih berbelanja di pasar tradisional

Jika dibandingkan dengan supermarket, harga sayur, buah, bumbu, dan kebutuhan lainnya dikenal lebih murah, lho. Keuntungan lainnya yaitu kamu bisa menawar harga di pasar tradisional. Jadi bisa tambah hemat kan kalau begitu.

  1. Memanfaatkan diskon

Kalau kamu memilih untuk berbelanja di supermarket atau minimarket, coba lah untuk memilih barang-barang yang diskon. Namun, tidak semua barang yang diskon harus kamu beli, ya. Tetap sesuaikan dengan daftar belanja yang telah kamu buat.

Sebelum membeli barang diskonan, kamu juga perlu meneliti tanggal kadaluarsanya, ya. Jangan sampai membeli barang kadaluarsa atay barang rusak.

  1. Hindari penggunaan kartu kredit untuk belanja

Penggunaan kartu kredit dengan tidak bijak bisa menjerumuskanmu kepada pemborosan. Selain itu, kamu bisa saja berbelanja melebihi budget yang sudah terdaftar karena merasa tidak memiliki limit berbelanja.

  1. Menghemat penggunaan listrik

Bukan hanya belanja kebutuhan yang harus hemat, tetapi penggunaan listrik juga harus bijak. Gunakan alat-alat elektronik seperlunya dan matikan apabila tidak digunakan. Dengan begini, kamu akan menghemat pengeluaran untuk membayar listrik.

  1. Menggunakan alat transportasi umum

Jika ingin menghemat uang belanja, maka menghemat biaya transportasi juga tak kalah penting. Sebagai alternatifnya, kamu bisa menggunakan angkutan umum untuk pergi berbelanja ke pasar.

Itulah 7 cara efektif menghemat uang belanja Anda. Selamat mencoba, ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *