Shadow

Yang Chil Seong, Pejuang Indonesia Asal Korea Selatan

sumber: wikipedia

Reporter: Nurfitri Okinawa

Mendengar kata Korea Selatan pasti mengingatkan kita pada genre musik dan juga serial televisi yang sudah menjadi kegemaran berbagai kalangan di Indonesia. Tapi tahukah kalian bahwa salah satu pejuang kemerdekaan Indonesia merupakan tentara asal Korea Selatan?

Yang Chil Seong ialah nama asli dari Komarudin. Ia adalah seorang tentara Korea Selatan yang dibawa oleh Jepang untuk menjadi penjaga tawanan di Bandung. Saat Korea dan Indonesia merdeka pada tahun 1945, Komarudin tidak kembali ke Korea Selatan melainkan tetap tinggal di Indonesia dan menikah.

Kewarganegaraan Komarudin dikuak oleh sejarahwan dari Jepang dan Korea Selatan. Hal ini diperkuat oleh saksi hidup yakni teman-teman Komarudin yang masih hidup. Komarudin sendiri lahir pada 29 Mei 1919 di Wanju, Jeolla dan meninggal pada 10 Agustus 1949 di Garut.

Komarudin atau Yang Chil Seong diakui sebagai salah satu tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia pada tahun 1995. Hal ini ditandai dengan pergantian nisan secara militer bersama perwakilan dari Korea Selatan. Ia menjadi bagian dari pejuang yang turut andil dalam perang gerilya dibawah pimpinan Mayor Kosasih yang diberi julukan “Pasukan Pangeran Papak”.

Sebelum dipindahkan ke Taman Makam Pahlawan Tenjolya, Garut pada 1975, Komarudin dimakamkan di TPU Pasir Pogor. Sekarang ketika kalian mendengar kata Korea Selatan mungkin sosok Komarudin atau Yang Chil Seong juga akan turut hadir dipikiran kalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *