Shadow

Waspada, Ini Bahaya Dibalik Duduk yang Terlalu Lama

sumber: sehatQ

Reporter: M Habibur Rohman

Tahukah kamu, berapa jam dalam sehari yang kita habiskan untuk duduk? Bagi pelajar atau pekerja kantoran,  sebagian besar waktu dalam sehari mungkin akan dihabiskan untuk duduk. Belum lagi, sepulang dari kantor atau sekolah, waktu bersantai di rumah juga dihabiskan untuk duduk di depan televisi atau duduk sembari mengoperasikan gawai. Karenanya, tak banyak waktu yang dihabiskan untuk bergerak atau berolah raga.

Nah, hal yang tidak kita sadari adalah bahwa duduk yang terlalu lama dan pola makan yang salah dapat menimbulkan berbagai masalah pada kesehatan.  Apa saja masalah atau gangguan kesehatan yang dapat ditimbulkan karena terlalu lama duduk? Yuk simak informasi berikut ini.

Pertama, duduk terlalu lama dapat memicu timbulnya berbagai macam penyakit. Hal ini tentu karena duduk terlalu lama menyebabkan otot membakar lemak lebih sedikit, sirkulasi darah lebih lambat dari biasanya dan membuat lemak di dalam darah lebih mudah untuk menyumbat peredaran darah. Hal ini dapat memicu resiko terkena penyakit tekanan darah tinggi, kolesterol dan peenyakit jantung. Selain itu, duduk terlalu lama juga mengakibatkan organ pankreas lebih sedikit dalam memproduksi insulin sehingga resiko terkena penyakit diabetes juga meningkat.

Kedua, duduk terlalu lama dapat menurunkan kinerja otak. Ketika Anda duduk di depan komputer dan mengerjakan sesuatu, otomatis kinerja otak juga meningkat. Duduk terlalu lama dapat menimbulkan penurunan kinerja pada otak, hal ini diakibatkan oleh sirkulasi darah yang tidak lancar sehingga suplai oksigen ke otak menjadi berkurang. Hal tersebut mengakibatkan daya konsentrasi dalam mengerjakan sesuatu menjadi berkurang. Oleh karena itu, ketika Anda sedang mengerjakan sesuatu di depan komputer, jangan lupa untuk bangkit sejenak untuk meregangkan otot agar peredaran darah kembali normal.

Ketiga, memicu kelebihan berat badan atau obesitas. Terlalu banyak duduk ternyata dapat meningkatkan resiko kelebihan berat badan (obesitas) loh. Tanpa kita sadari, terlalu banyak duduk memicu kita untuk makan lebih banyak, namun tidak diimbangi dengan  aktivitas gerak yang memadai sehingga kalori menumpuk dan mengakibatkan bertambahnya berat badan.

Keempat, merasakan sakit pada leher dan tulang belakang. Duduk terlalu lama, terlebih lagi dalam posisi yang tidak nyaman dapat mengakibatkan timbulnya rasa pegal dan nyeri pada leher dan tulang belakang.  Oleh karena itu, cobalah untuk sesekali bangkit dan melakukan peregangan agar rasa nyeri dan pegal dapat  berkurang.

Kelima, melemahnya otot. Duduk merupakan aktivitas yang t memerlukan kinerja otot lebih sedikit daripada berdiri, berjalan dan berlari.  Oleh karena itu, terlalu lama duduk dapat mengakibatkan otot menjadi lemah karena otot menjadi tidak terbiasa digunakan.

Tidak dipungkiri, bagi sebagian orang mungkin sangat sulit untuk menghindari aktivitas duduk yang terlalu lama karena berkaitan dengan masalah kewajiban atau pekerjaan. Meski bergitu, ada beberapa cara untuk mengatasinya. Salah satunya yaitu  rutin olah raga minimal 30 menit setiap hari  di sela-sela kewajiban duduk yang terlalu lama. Selain itu, cobalah untuk sesekali bangkit dan berjalan keliling agar otot bergerak dan tidak kaku.

Nah, itulah beberapa resiko dibalik aktivitas duduk yang terlalu lama. Jika Anda pekerja kantoran atau pelajar yang memerlukan aktivitas duduk yang lama, cobalah untuk sedikit demi sedikit merutinkan kembali berdiri atau berjalan untuk melemaskan otot agar tidak tegang. Dengan demikian sirkulasi darah akan menjadi lebih lancar dan Anda bisa terhindar dari berbagai macam penyakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *