Shadow

Walau Pahit, Nyatanya Daun Pepaya Punya Banyak Manfaat

sumber: jovee.id

Reporter: Anne Anisa

Daun pepaya adalah sayuran yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Biasanya daun pepaya diolah menjadi pecel, tumisan, atau sekadar direbus saja.

Tapi, ada juga masyarakat Indonesia yang tidak menyukai daun pepaya, karena rasanya yang pahit. Meskipun memiliki rasa asli yang pahit, ternyata daun pepaya memiliki manfaat lho. Simak manfaat daun pepaya di bawah ini ya!

  1. Meredakan gejala demam berdarah

Demam berdarah disebabkan oleh gigitan nyamuk aides aegepty yang membawa virus. Akibat dari masuknya virus ini ke tubuh yaitu menurunnya kadar trombosit hingga terjadinya pendarahan. Kandungan enzim cymopapain dan papain dalam daun pepaya bisa menormalkan kembali kadar trombosit dan menccegah kerusakan liver akibat demam berdarah.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Semua orang pasti mendambakan kulit yang sehat. Kandungan vitamin A, E, dan C dalam daun pepaya membantu Anda menjaga kesehatan kulit. Masalah kulit seperti jerawat dan kerutan juga dapat dikurangi dengan mengonsumsi daun pepaya.

  1. Memperbaiki saluran pencernaan

Selain buahnya, ternyata daun pepaya juga bisa memperbaiki dan melancarkan saluran pencernaan. Zat karpin yang ada di daun pepaya membantu hal tersebut. Jika memiliki masalah pencernaan coba konsumsi daun pepaya.

  1. Mencegah resiko kanker

Daun pepaya memiliki kandungan antioksidan tinggi yang mampu tangkal radikal bebas. Hal itu termasuk juga mencegah resiko kanker.

  1. Menyehatkan rambut

Kandungan magnesium dalam daun pepaya mampu menguatkan rambut dan mengurangi kerontokan. Caranya, seduh daun pepaya seperti teh dan jadikan sebagai campuran sampo. Mudah banget kan?

  1. Menyembuhkan eksim

Selain menjaga kesehatan kulit, daun pepaya bisa dijadikan obat untuk penyakit eksim. Caranya, tempelkan saja daun pepaya di area kulit yang menderita eksim.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan phytonutrient dalam daun pepaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, kandungan tersebut juga bisa melindungi tubuh dari kardiovaskular, alergi, penuaan, dan infeksi perut.

Itulah manfaat daun pepaya. Meskipun pahit tapi ternyata punya banyak manfaat ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *