Shadow

Tips Laku Keras Jualan di Marketplace

Sumber: KoinWorks

Reporter: M Habibur Rohman

Selama #DiRumahAja, sudah berapa kali pesan barang secara online,Sob? Terlepas dari problematika wabah covid 19 yang melanda, ternyata ada satu sisi positif yang bsia kita dapatkan. Salah satunya,  masa pandemi bikin kita mau tidak mau melek dengan teknologi. Selama karantina di rumah, banyak aktivitas yang mestinya dilakukan di luar tapi dikerjakan di rumah, dari sekolah hingga belanja kebutuhan.

Hal ini bikin kebiasaan baru dan dampak yang positif bagi jual beli online. Salah satu wahana yang banyak dipilih orang untuk melakukan transaksi jual beli online adalah marketplace. Seperti layaknya sebuah pasar, marketplace secara sederhana merupakan tempat berkumpulnya penjual dan pembeli. Selain praktis dan banyak pilihan produk, yang menjadikan marketplace sebagai wahana favorit masyarakat untuk berbelanja online adalah jaminan keamanan  pada saat bertransaksi. Jadi, sobat tidak perlu khawatir dengan penipuan karena marketplace bertugas sebagai pihak ke tiga yang melindungi transaksi.

Hal ini, tentu jadi peluang berharga buat kamu Sob! Terlebih lagi jika kamu memiliki usaha offline yang saat ini mulai mengalami penurunan karena sepi pengunjung, marketplace bisa jadi pilihan untuk menambah pendapatan.  Oleh karena itu, berikut ini kami sajikan beberapa tips penting agar jualanmu laku keras di marketplace.

Nama Toko yang Mudah Diingat

Selain nama yang keren dan merepresentasikan usaha serta produk yang dijual, hendaknya sobat memilih nama toko yang mudah diingat.  Nama toko yang mudah diingat tidak hanya menjadikan toko kamu menjadi nomor satu di mesin pencari,melainkan juga menjadi nomor 1 di benak dan hati pembeli. Oleh karena itu, pilihlah nama toko yang pendek agar memudahkan pembeli dalam mengingatnya.

Logo yang Keren

Nama toko yang keren dan mudah diingat sudah, kini saatnya memilih logo yang merepresentasikan usaha dan produk yang sobat jual. Logo yang tepat dapat membuat tampilan toko semakin menarik dan menambah ketertarikan pengunjung.  Sebisa mungkin buat logo yang kreatif dan mudah diingat oleh pembeli. Hindari membuat logo dengan bentuk yang alay dan asal asalan ya sob!

Harga Bersaing

Selain dari tampilan yang menarik, salah satu pemicu yang menggerakkan hati pembeli adalah perihal harga. Oleh karena itu, lakukan riset kecil-kecilan untuk memantau harga produk sejenis yang ada di pasaran. Untuk menambah daya tarik, kamu juga bisa membuat paket hemat atau memberikan bonus-bonus tertentu dari produk yang kamu jual. Selain harga, paket hemat dan bonus adalah hal penting yang dapat menambah daya tarik konsumen untuk membeli produk kita sob.

Foto dan Deskripsi yang Jelas

Foto adalah jantungnya produk yang ingin kamu jual secara online. Hal ini tentus aja karena yang dilihat pertama kali oleh pembeli adalah foto produkmu.  Kalau fotonya blur dan resolusinya rendah atau desainnya kurang menarik, tentunya foto yang sobat pasang tidak memiliki daya pikat yang kuat. Oleh karena itu, pilihlah foto yang unik, kreatif dan jelas ya sob!

Disamping itu, pemberian deskripsi produk di halaman informasi produkmu juga harus sejelas mungkin.  Sampaikanlah informasi sesuai spesifikasi dari produk yang kamu jual. Jika kamu menjual baju, misalnya, sampaikanlah informasi deskripsi tentang ukuran, warna, bahan, serta fitur dan benefit yang akan diperoleh konsumen ketika membeli produk kamu. Deskripsi yang lengkap dan jelas dapat memberikan pertimbangan dan lebih meyakinkan konsumen.

Fast Respon

Yang tidak kalah penting dari beberapa tips di atas, adalah kecepatan kamu dalam memalas pesan dari konsumen. Pernahkah sobat mengirim pesan kepada penjual lalu pesan tersebut dibalas setelah beberapa jam kemudian? Bagaimana rasanya? Tentu kita sebagai pembeli kecewa sob. Dan yang paling berbahaya, karena kurangnya kecepatan kita dalam membalas pesan, mungkin saja si pembeli sudah mampir ke toko sebelah dan lebih tertarik ke toko tersebut karena pelayanannya yang cepat. Karenanya, kecepatan kita dalam membalas pesan pembelis angatlah penting agar tdiak ada peluang yang hilang begitu saja.

Nah itulah beberapa tips sederhana yang bisa kamu terapkan saat membangun toko pertama kamu di marketplace, Sob. Tips ini bsia kamu terapkan untuk meningkatkan penjualan kamu. Selamat mencoba ya!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *