Shadow

Tidak Semua Jamur Dapat Dikonsumsi, Ini 5 Jamur Beracun

Reporter: Nurfitri Okinawa

Suka mengkonsumsi jamur? Ternyata tidak semua jamur bisa dikonsumsi loh. Jika kalian menemukan jamur disekitaran rumah maupun di hutan jangan langsung dikonsumsi. Lebih baik dicari tahu lebih dulu apakah jamur tersebut beracun atau tidak.

Bingung menentukan jamur layak konsumsi atau tidak? Jangan khawatir ini dia 5 jamur yang tidak boleh dikonsumsi.

  1. Deadly webcap

    sumber: first-nature.com

Jamur ini memiliki racun didalamnya yang akan menibulkan efek samping pada hari ke-2 sampai hari ke-3. Efek racun dari jamur ini dapat menyebabkan flu, gagal ginjal, dehidrasi, hingga kesulitan buang air kecil.

  1. Conocybe filaris

    sumber: wikipedia

Jamur yang terlihat aman untuk dimakan ini ternyata mengandung racun. Sering ditemukan di hutan, jamur ini tidak untuk dikonsumsi. Efek samping dari racun dalam jamur ini akan bereaksi setelah 6 sampai 24 jam sejak jamur dikonsumsi. Gejala yang timbul diantaranya adalah mual hingga gagal ginjal.

  1. Deadly dapperling

    sumber: first-nature.com

Hampir mirip dengan jamur yang dapat dikonsumsi jamur ini cukup sering menuai korban. Racun dari jamur ini akan menyerang hati dan bila lambat ditangani akan berakibat fatal.

  1. Death cap

    sumber: wikipedia

Hampir sama dengan jamur beracun lainnya, mengkonsumsi jamur ini akan menimbulkan beberapa efek samping. Setelah beberapa jam jamur ini dikonsumsi akan memunculkan gejala seperti muntah-muntah, diare hingga gagal ginjal.

  1. Panther cap

    sumber: wikipedia

Jamur ini adalah salah satu jamur beracun yang banyak menuai korban. Hal tersebut terjadi diakibatkan oleh kemiripan jamur ini dengan jamur layak konsumsi yang biasanya ditemukan di hutan. Efek samping dari racun pada jamur ini adalah halusinasi yang kuat.

Ketika menemukan jamur disekitar, harap untuk diperiksa terlebih dahulu apakah jamur tersebut layak dikonsumsi atau tidak. Hal ini dilakukan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *