Shadow

Tidak Dibenarkan, Ini Deretan Mitos Ilmiah yang Masih Dipercaya

Reporter: Nurfitri Okinawa

Banyaknya tulisan yang kita temui di internet, masih ada loh mitos-mitos ilmiah yang dipercaya hingga sekarang. Padahal, tidak ada penelitian ilmiah terkait mitos tersebut. Tapi anehnya, masih ada saja orang yang mempercayai mitos-mitos ini.

Dari beberapa sumber, berikut deretan mitos ilmiah yang masih dipercaya hingga sekarang.

  1. Telur coklat lebih bagus dari pada telur putih

    sumber: freepik

Pada kenyataannya rasa dari kedua jenis telur ini tetap sama, yang membedakan hanyalah ras dari ayam tersebut. Baik telur coklat maupun telur putih tetap memiliki rasa yang sama.

  1. Tembok besar China dapat terlihat dari bulan

    sumber: freepik

Pernah mendengar mitos ini? Padahal tidak ada benda ciptaan manusia yang dapat terlihat dari bulan. Dengan jarak sejauh itu yang dapat terlihat hanyalah lautan dan benua.

  1. Pembagian area pengecap rasa pada lidah

    sumber: freepik

Kita pasti perah mendengar hal ini selama di sekolah. Namun hal ini telah dinyatakan sebagai suatu kesalahan, sebab perasa pada setiap bagian lidah adalah sama. Tidak ada bagian khusus untuk merasakan suatu rasa.

  1. Banteng benci warna merah

    sumber: freepik

Merasa takut memakai baju merah saat ingin melihat banteng? Tenang saja, banteng tidaklah membenci warna tertentu melainkan ia hanya kesal terhadap matador yang menggoyang-goyangkan kain.

  1. Manusia baru memakai 10% dari kenerja otaknya

    sumber: freepik

Sering mendengar kalimat tersebut di beberapa film? Pernyataan tersebut tidaklah benar. Faktanya untuk berdiri saja kita membutuhkan 100% fungsi otak agar bisa berdiri dengan benar.

  1. Jejak putih pesawat digunakan untuk meracuni orang

    sumber: freepik

“Asap putih itu beracun” pernah mendengar hal ini? Faktanya jejak putih pada pesawat tidak mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat meracuni manusia. Lama waktu yang dibutuhkan jejak tersebut untuk menghilang dipengaruhi oleh faktor atmosfer.

  1. “Belum 5 menit”

    sumber: freepik

Kalimat tersebut sering kita ucapkan ketika mengambil kembali makanan yang terjatuh. Namun pada kenyataannya bakteri dan virus dapat dengan cepat merambat pada makanan yang telah jatuh ke lantai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *