Shadow

Tak Perlu Lagi Minder Karena Uban, Ini Tips Untuk Mengatasinya

sumber: Halodoc

Reporter: M Habibur Rohman

Kemunculan uban biasanya sangat identik dengan kata “penuaan”.  Meski begitu, sering kali uban juga muncul pada seseorang yang berusia muda. Oleh karena itu lah kemunculan uban sering kali dianggap sebagai faktor penyebab menurunnya kepercayaan diri seseorang.

Sebenarnya, ada banyak faktor yang dapat menyebabkan timbulnya uban, terlebih di usia yang masih muda.  Diantaranya yaitu, stress, dampak bahan kimia, kurangnya asupan vitamin, faktor genetik dan kekurangan asam folat dalam tubuh. Jadi, kemunculan uban tidak serta merta karena penuaan.

Saat mendapati rambut ditumbuhi oleh uban, banyak orang lebih memilih untuk mewarnai rambutnya menggunakan berbagai macam cat rambut agar tidak terlihat uban nya. Padahal, masih banyak sekali cara alami untuk membantu menyamarkan dan menghilangkan uban.  Yuk simak informasi berikut ini agar kamu mendapatkan manfaatnya.

Pertama, selalu gunakan pelindung kepala untuk mengurangi paparan sinar mata hari dan cuaca yang terik. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir tumbuhnya uban di rambut yang sering terekpos oleh panas. Caranya cukup sederhana, kamu bisa menggunakan topi atau payung saat beraktivitas di luar ruangan dengan kondisi cuaca yang terik.

Kedua, kelola pikiran agar tidak stres. Sebagaimana kita tahu, stres merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan timbulnya uban. Hal ini karena stres dapat menipiskan sel induk dari folikel rambut. Oleh sebab itu, kamu harus rajin mengelola pikiran agar tidak mudah stress. Mengurangi stress bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan bersantai melakukan hobi atau pergi berlibur. Hal ini cukup penting karena tidak hanya pada rambut, stres juga bisa menyebabkan wajah terlihat lebih tua.

Ketiga, berhentilah dari kebiasaan merokok. Tidak banyak yang tahu bahwa ternyat merokok merupakan gaya hidup yang buruk. Dampaknya tidak hanya dapat membuat sesak di dada serta kerusakan pada paru-paru dan timbulnya berbagai masalah pernafasan. Merokok juga dapat menimbulkan berbagai kerusakan pada kulit dan rambut dalam waktu yang singkat. Oleh karena itu, hentikan kebiasaan merokok agar kerusakan pada kulit dan rambut terhambat.

Keempat, penuhi asupan gizi. Mencegah munculnya uban di usia muda dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang bergizi. Hal ini dapat memenuhi kekurangan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, termasuk nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit kepala dan rambut agar tidak memunculkan uban di usia muda.

Kelima, gunakan pewarna rambut yang alami. Penggunaan cat rambut yang instan memang terbilang memuaskan. Selain proses penghilangan uban bisa dilakukan lebih cepat, tentu saja hal inis angat praktis dan mudah dilakukan. Meski begitu, pemilihan pewarna rambut yang instant bisa juga mendatangkan bahaya bagi kesehatan rambut. Terlebih lagi produk-produk yang mengandung bahan kimia. Bukannya rambut menghitam, justru yang terjadi adalah kerusakan rambut.

Oleh karena itu, kamu bisa beralih ke pewarna rambut yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti kopi dan the. Caranya cukup sederhana, kopi atau teh yang sudah dididihkan selama kurang lebih 15 menit dibiarkan dulu hingga dingin. Kemudian tambahkan minyak alami sebagai campuran, lalu bilaslah rambut dengan ramuan tersebut secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

Nah, itulah beberapa tips untuk mengatasi uban. Hasil yang diperoleh tentunya sangat bergantung pada keseriusan dan konsistensi kamud alam menjalaniperawatan rambut secara alami ini. Karenanya, lakukanlah dengan sabar dan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *