Shadow

Tak Kalah dengan Susu Sapi, Ini Segudang manfaat Susu Kedelai

Sumber: Beautynesia.id

Reporter: M Habibur Rohman

Bahan baku kacang kedelai bisa diolah menjadi berbagai olahan yang nikmat dan bergizi. Selain tahu dan tempe, salah satu olahan dari kacang kedelai yang populer adalah susu kedelai. Susu kedelai adalah minuman yang dibuat dari sari kacang kedelai, sehingga kurang tepat menyebutnya sebagai susu,  melainkan sari kacang keelai. Hal ini karena susu kedelai tidak dibuat dari susu hewan (mamalia), namun karena bentuknya yang berwarna putih dan menyerupai susu, maka minuman ini populer dengan sebutan susu kedelai.

Walaupun bukan termasuk jenis susu, manfaat yang terkandung dalam susu kedelai juga tidak kalah dengan susu. Karenanya, susu kedelai dipercaya memiliki beragam manfaat bagi kesehatan dan mengurangi risiko terkena berbagai penyakit. Berikut ini adalah beberapa manfaat susu kedelai yang kami rangkum dari berbagai sumber;

Menyehatkan Jantung dan Menurunkan Tekanan Darah

Susu kedelai mengandung banyak nutrisi yang penting bagi tubuh. Salah satu kandungan susu kedelai adalah asam amino dan isoflavone, yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah. Berdasarkan hasil penelitian ahli gizi yang mencoba membandingkan antara susu kedelai dan susu sapi, ditemukan hasil bahwa susu kedelai dapat menurunkan tekanan darah lebih baik dari pada susu sapi.

Menurunkan Kolesterol dalam Tubuh

Berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa susu kedelai dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam darah. Karenanya, susu kedelai memiliki kemampuan yang lebih baik ketimbang susu sapi dalam hal menurunkan kolesterol. Hal ini karena susu kedelai mengandung lemak tak jenuh dan nol kolesterol. Lain halnya dengan susu sapi yang memiliki kandungan lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi.  Oleh karena itu, bagi kamu yang punya masalah kolesterol, sebaiknya mengkonsumsi susu kedelai dan menghindari susu sapi.

Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan yang cukup tinggi dalam susu kedelai memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya adalah melawan sel kanker dan mencegah radikal bebas yang dapat merusak sel-sel dalam tubuh.  Karenanya, susu kedelai sangat baik dikonsumsi secara rutin untuk mencegah dan melawan berbagai jenis penyakit kanker.

Menyehatkan Otot, Tulang dan Sendi

Meskipun kandungan kalsium dalam susu kedelai tidak setinggi susu sapi, susu kedelai juga memiliki kandungan magnesium, kalium dan fosfor yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang. Selain itu, beberapa kandungan susu kedelai tersebut dapat menjadikan otot dan persendian menjadi lebih kuat. Selain menyehatkan dan menguatkan tulang, otot dan sendi, susu kedelai ternyata juga sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit osteoporosis, hal ini karena kandungan dalam kedelai dapat mencegah hilangnya massa tulang. Karenanya, jika kamu ingin memiliki tulang, otot dan persendian yang sehat serta terhindar dari penyakit osteoporosis, kamu boleh coba rutin minum susu kedelai.

Nah, itulah beberapa manfaat yang terkandung dalam susu kedelai.  Ternyata, meskipun bukan termasuk jenis susu, susu kedelai memiliki beragam manfaat yang dapat membantu tubuh menjadi lebihs ehat dan terhindar dari berbagai penyakit ya. Oleh karena itu, mulai sekarang kamu bisa mencoba rutin minum susu kedelai untuk menjaga kesehatan. Kamu bisa membeli susu kedelai murni di supermarket maupun penjual susu kedelai keliling yang ada di sekitar tempat tinggalmu. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *